Pasar Gudang Lelang Diminati Karena Sediakan Barang Berkualitas

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Akhir pekan jadi waktu untuk menyajikan olahan kuliner lezat, segar bagi keluarga. Susan, salah satu warga Jalan Ikan Kakap, Teluk Betung menyebut pasar Gudang Lelang jadi pilihan baginya mendapatkan bahan baku olahan kuliner yang segar. Sebab pasar yang buka sejak pagi tersebut menyediakan bahan olahan berkualitas.

Pemilik salah satu warung makan tersebut mengaku membeli ikan, cumi-cumi, udang. Ia mulai berbelanja saat pagi untuk sajian kuliner yang akan dijual dengan berbagai olahan. Selain membeli ikan laut segar ia juga memilih sejumlah sayuran.

Jenis sayuran meliputi brokoli, lobak, wortel, sawi, oyong, terong dan berbagai sayuran segar lainnya. Harga yang ditawarkan juga cenderung stabil.

Setiap hari ia membeli ikan segar sesuai kebutuhan untuk jadi olahan kuliner. Olahan berbahan ikan menurutnya diolah dengan cara dibakar, goreng, gulai hingga pepes.

Memilih bahan yang segar menurutnya sekaligus menjaga kualitas kuliner olahan miliknya. Sejumlah pedagang mendapat ikan segar dari proses pelelangan yang dilakukan juga di gudang lelang.

“Ikan yang diperoleh dari gudang lelang dipastikan masih segar karena langsung berasal dari nelayan yang sandar di gudang lelang yang juga berfungsi sebagai pasar,” terang Susan saat ditemui Cendana News, Sabtu (22/2/2020).

Berbagai jenis bahan kuliner selain ikan yang disediakan menurutnya berasal dari wilayah Bandung, sebagian dari wilayah Lampung. Kualitas sayuran yang cukup baik menurutnya tidak kalah dengan barang yang dijual pada pasar modern.

Selain bahan kuliner yang dijual berkualitas ia memastikan kondisi pasar di Jalan Ikan Bawal No 53 tersebut cukup higienis.

Aisah, pedagang ikan di pasar gudang lelang mengaku penataan pasar membuat pedagang betah berjualan. Sebab meski hanya menyediakan bahan baku ikan segar dan sayuran perputaran uang di lokasi tersebut cukup besar.

Aisah (memegang ikan) salah satu pedagang ikan segar di pasar gudang lelang Teluk Betung, Bandar Lampung, Sabtu (22/2/2020) – Foto: Henk Widi

Sebab dalam sekali berjualan dengan menyediakan beragam ikan segar ia bisa mendapatkan omzet ratusan hingga jutaan rupiah.

“Permintaan rutin dari pemilik usaha kuliner di Bandar Lampung setiap hari selalu ada karena ikan yang disediakan berkualitas,” cetusnya.

Penataan pedagang, kualitas barang yang dijual dengan kondisi baik menjadikan pasar gudang lelang pilihan. Jauh dari kesan kumuh sebuah pasar, ia menyebut pasar tersebut jadi pilihan warga.

Sebagai penyedia bahan baku pasar tersebut menjadikan sektor usaha kuliner tumbuh berkembang di tempat tersebut. Sejumlah pemilik usaha kuliner menurutnya berlangganan berbagai jenis ikan untuk dijadikan olahan kuliner.

Husni, salah pedagang ikan segar lain menyebut pasar gudang lelang jadi pilihan masyarakat. Sebab sejak pagi hingga siang warga bisa mendapatkan berbagai jenis sayuran segar.

Husni (kaos hijau) salah satu pedagang ikan laut segar di Jalan Ikan Bawal, Teluk Betung, Bandar Lampung jadi pilihan warga mencari bahan baku kuliner berkualitas, Sabtu (22/2/2020)- Foto: Henk Widi

Pada sore hari aktivitas pelelangan ikan akan dilakukan untuk mendapatkan ikan hasil tangkapan sejumlah nelayan yang mendarat di dermaga.

“Berbagai jenis sayuran, ikan yang terjaga di pasar gudang lelang diminati oleh kaum ibu,” tuturnya.

Husni juga menyebut bertumbuhnya sejumlah usaha kuliner ikut mendukung keberadaan pasar gudang lelang. Sebab sejumlah warung makan yang menyediakan olahan ikan segar membeli dari pasar tersebut.

Sejumlah bahan baku sayuran yang disediakan membuat pedagang kuliner bisa mendapatkan berbagai bahan baku berkualitas. Sehingga keberadaan pasar tersebut ikut menggerakkan sektor usaha kuliner.

Lihat juga...