Pemkab Bangka Barat Imbau Jaga Kelestarian Pantai Tanjungular

MENTOK  – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau warga ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian Pantai Tanjungular, Mentok.

“Pantai yang bersih dan lestari akan menjadi daya tarik wisatawan datang ke lokasi itu dan akan membawa manfaat bagi warga di sekitarnya,” kata penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, M Effendi, di Mentok, Senin.

Pantai Tanjungular yang berada di ujung utara, sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Mentok memiliki keindahan pantai yang unik, perpaduan pasir putih dan bentangan batu granit bersusun di sepanjang pinggir pantai.

Perpaduan keindahan alam dan sebagai salah satu tempat berkumpulnya nelayan tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke lokasi itu.

“Lokasi itu juga akan dibangun pelabuhan besar untuk mendukung kawasan ekonomi khusus, jika sudah diwujudkan dapat mengangkat perekonomian warga sekitar yang berdampak positif bagi perekonomian daerah,” katanya.

Hal ini dikatakan M. Effendi menanggapi gerakan bersih pantai yang diinisiasi KSOP Pangkalbalam beberapa hari lalu di kawasan pesisir Pantai Tanjungular Mentok.

Menurut dia, gerakan tersebut sangat positif dan perlu mendapatkan dukungan guna memberikan kontribusi nyata terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan

Selain bergerak secara nyata menjaga kawasan pantai tetap bersih dan asri, pola gerakan itu juga bermanfaat dalam memberikan edukasi kepada warga agar tidak membuang sampah di laut.

“Selain itu, kegiatan dilakukan untuk mengajak masyarakat berperilaku hidup bersih dimanapun sehingga dapat mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan pantai,” katanya. (Ant)

Lihat juga...