Pemkab Jember Kirimi Warganya di Hong Kong Ribuan Masker

Paket masker dari Pemkab Jember yang akan dikirim ke Hong Kong melalui Kantor Pos Jember, Sabtu (15/2/2020) – Foto Ant

JEMBER – Pemkab Jember, Jawa Timur, mengirim 10.000 masker, untuk warganya yang berada di Hong Kong. Langkah tersebut sebagai respon, seiring mewabahnya virus corona.

“Masker saat ini menjadi barang yang sangat penting bagi warga negara Indonesia yang ada di Hong Kong,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Diah Kusworini, Sabtu (15/2/2020).

Keberadaan masker di Hong Kong sangat penting, setelah wabah virus corona merebak dan menelan banyak korban jiwa.  “Untuk membantu meringankan WNI, utamanya yang berasal dari Jember, Pemerintah Kabupaten Jember mengirimkan masker,” katanya.

Pengiriman 10.000 masker dilakukan melalui Kantor Pos Jember, Sabtu (15/2/2020). Pengiriman tersebut mengikuti arahan Bupati Jember, Faida. “Pengiriman masker tersebut sudah diproses melalui PT Pos Indonesia Jember dengan mengikuti ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Saat ini Pemkab Jember disebutnya, terus perjalanan paket bantuan yang dikirim secara kilat. “Proses dari sini lancar, dan akan terus dipantau hingga sampai ke Hong Kong, dan pihak penerima yang di sana juga sudah disertakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemkab Magetan, Jawa Timur, juga akan mengirim bantuan 20 ribu lembar masker. Bantuan akan dikirim untuk pekerja migran Indonesia asal Magetan, yang ada di Hong Kong dan Taiwan. Hal tersebut juga untuk meminimalisasi penularan virus corona (Covid-2019), yang saat ini telah mewabah dunia.

Bupati Magetan, Suprawoto mengatakan, masker tersebut dikirim atas permintaan pekerja migran di Hong Kong. Mereka mengeluhkan kelangkaan stok masker di tempatnya bekerja. Padahal mereka sangat membutuhkan masker, untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan tersebut. “Sesuai data, ada sekitar 3.000 pekerja migran asal Magetan yang bekerja di Hong Kong dan Taiwan,” ujar Bupati Suprawoto.

Menurutnya, proses pengiriman saat ini masih pada tahap pengurusan administrasi, yang ditangani oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Magetan. Sesuai rencana, masker akan dikirim langsung ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong dan Taiwan melalui PT Pos Indonesia.

Seperti diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang telah menetapkan situasi darurat global, terkait mewabahnya virus corona. Virus corona mulai terdeteksi menjangkiti manusia di Wuhan, China, pada Desember 2019. Kemudian sejak Januari 2020 mewabah di wilayah itu, hingga ke beberapa negara lain di dunia.

Negara-negara yang sudah terjangkiti di antaranya, Korea Selatan, Singapura, Hong Kong, Vietnam, Kamboja, Thailand, Nepal, Sri Lanka, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Uni Emirat Arab. (Ant)

Lihat juga...