Pemprov Hibahkan Kendaraan Operasional Polda Jateng

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Mobilitas pengamanan yang dilakukan Polda Jateng di 35 kabupaten/kota, memerlukan dukungan kendaraan transportasi yang layak dan mumpuni.

“Jateng ini wilayahnya luas, sampai pelosok. Jadi perlu kendaraan yang tangguh, dalam menunjang kinerja kepolisian. Namun jika menilik dari sisi anggaran, tidak akan cukup jika hanya dibebankan kepada kepolisian,” papar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, disela penyerahkan bantuan empat truk dan 25 kendaraan bermotor, di halaman Mapolda Jateng, Semarang, Selasa (25/2/2020).

Dipaparkan, bantuan tersebut menjadi wujud sinergi, antara Pemprov Jateng dan Polda Jateng.

Bantuan senilai Rp 2,4 miliar tersebut, nantinya kendaraan tersebut diperuntukkan operasional satuan Brimob, dan patroli Samapta.

“Kita berharap dengan tambahan armada ini, akan mempermudah dan memperlancar kinerja jajaran Kepolisian. Untuk satu truk tersebut mampu mengangkut satu peleton atau 30 orang setiap kali jalan. Mudah-mudahan ini dapat dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyinggung soal pengamanan di dunia maya. Terlebih menjelang Pilkada serentak 2020, yang juga akan digelar di 21 kabupaten/kota di Jateng.

“Bukan hanya patroli konvensional tapi juga di dunia Maya. Ketika KPU dan Bawaslu sudah menyelenggarakan dengan baik, maka Kepolisian dan kejaksaan harus mengawasi dan menegakkan peraturan,” katanya.

Sementara, Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel mengapresiasi bantuan tersebut, dan berharap mampu menunjang operasional personel kepolisian di lapngan.

“Semuanya untuk menunjang pengaman di Jateng. Apalagi ini mendekati Pilkada, kewaspadaan dan pengamanan juga kita tingkatkan,” pungkasnya.

Lihat juga...