Pengembangan Toga Dukung Pelestarian Jamu Tradisional

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Pengembangan tanaman obat keluarga (Toga) yang dikelola oleh PKK Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) menjadi salah satu upaya dalam mendukung pengembangan jamu tradisional.

Murtinah tengah membuatkan jamu bagi pelanggan, Jumat (28/2/2020)

Sumali, Kepala Desa menyebutkan, 200 jenis toga yang ditanam di area balai desa setempat dapat dimanfaatkan warga yang membutuhkan, baik untuk bibit atau digunakan sebagai bahan jamu.

“Semua jenis tanaman jamu dikumpulkan dari warga agar toga yang dikelola bisa lengkap, sebagian ditanam oleh warga dalam kelompok dasa wisma sehingga bisa dimanfaatkan sewaktu waktu,” beber Sumali saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (28/2/2020).

Sumali menyebut sejumlah tanaman obat keluarga tersebut sebagian bisa diolah menjadi bumbu. Selain itu keberadaan toga menjadi bahan baku bagi pengrajin jamu gendong di desa tersebut.

Pelestarian jamu tradisional dengan menggandeng Puskesmas menurut Sumali dengan cara edukasi. Sejumlah tanaman obat keluarga bisa digunakan dalam kondisi darurat seperti saat ada anggota keluarga yang sakit diare, demam.

“Lokasi balai desa ada di dekat sekolahan sehingga bisa menjadi tempat belajar siswa tentang obat tradisional,” papar Sumali.

Murtinah, pengrajin jamu tradisional di desa setempat mengaku musim penghujan jamu bisa menjaga stamina.

Sebagian jamu yang dibuat oleh wanita berusia 71 tahun tersebut terbukti berkhasiat. Jenis  yang dibuat meliputi kunyit asam, jahe merah, beras kencur, sirih dan uyup uyup. Saat penghujan jamu jahe merah yang diseduh bisa menghangatkan tubuh dan menyehatkan.

“Saat ini banyak bahan jamu tradisional diolah secara modern dalam sachet, namun jamu buatan saya alami,” papar Murtinah.

Sebagai penjual jamu tradisional, Murtinah juga mengedukasi konsumen sejumlah racikan. Racikan yang diberikan ke konsumen menjadi cara agar bisa mengolah jamu dengan takaran yang tepat.

Murtinah juga menyebut saat ini bagi warga yang tidak memiliki lahan bisa memanfaatkan polybag. Bahan jamu tradisional yang bisa ditanam meliputi jahe merah, kencur, kunyit, lengkuas dan tanaman jamu lainnya. Sejumlah tanaman jamu selain bermanfaat untuk kesehatan bisa digunakan untuk bumbu masakan. Penanaman toga akan menjadi sumber penyiapan obat yang murah dan bisa digunakan kapan saja.

Lihat juga...