Peringatan 121 Tahun Gugurnya Teuku Umar

Sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mengikuti napak tilas memperingati 121 tahun gugurnya pahlawan nasional Teuku Umar Johan Pahlawan, di Meulaboh, Aceh Barat, Senin (10/2/2020) – Foto Ant

MEULABOH – Sebanyak 288 orang yang tergabung dalam 24 grup masyarakat dari berbagai kalangan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mengikuti acara napak tilas, memperingati 121 tahun gugurnya pahlawan nasional Teuku Umar Johan Pahlawan, di Meulaboh, Aceh Barat, Senin (10/2/2020).

Seluruh peserta mengambil awal perjalanan atau start di tugu batu putih. Perjalanan dilanjutkan menuju, Pantai Suak Ujong Kalak Meulaboh, dengan garis akhir (finish) di Makam Teuku Umar. Tepatnya di kawasan Gunung Mugo Cut, Kecamatan Panton Reue.

Napak tilas tersebut menempuh rute jalan kaki sejauh 40 kilometer. “Kegiatan napak tilas ini diharapkan agar menjadi motivasi dalam mengisi pembangunan Aceh Barat, sekaligus mengenang beratnya pengorbanan Teuku Umar Johan Pahlawan dalam mempertahankan tanah air dari penjajah kolonial Belanda,” kata Asisten II Marhaban yang mewakili Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, Senin (10/2/2020).

Pemerintah daerah disebutnya, berharap kegiatan tersebut bisa memberikan teladan. Utamanya untuk membangun daerah, sesuai peran masing masing. Peserta dapat mengambil contoh dan teladan dari perjuangan Teuku Umar dalam mengisi pembangunan. Napak tilas gugurnya pahlawan nasional Teuku Umar Johan Pahlawan, digelar setiap tahunnya. Kegiatan tersebut dijadikan sebagai inspirasi, untuk mengisi pembangunan Kabupaten Aceh Barat.

Marhaban mengharapkan, kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun internasional ke Aceh Barat. “Sehingga bisa membantu promosi potensi wisata sejarah di dunia internasional,” harapnya.  (Ant)

Lihat juga...