Persiapan MTQ Nasional, Stadion Utama Sumbar Rampung 86 Persen

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG PARIAMAN – Pengerjaan pembangunan Stadion Utama yang berada di Sikabu Padang Pariaman, Sumatera Barat, telah sampai ke tahap pembangunan penyelesaian tribun.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat optimis pembangunan Stadion Utama ini bisa digunakan untuk pembukaan MTQ Nasional ke-27 pada 22 Agustus 2020 mendatang.

Saat ini capaian pembangunan diklaim telah mencapai 86 persen, dan diperkirakan jelang Agustus nanti seluruh sisi bangunan dan tribun serta lapangan tuntas dikerjakan.

Mengingat Stadion Utama ini untuk pembangunan pembukaan MTQ Nasional ke-27, dengan demikian Pemprov Sumatera Barat menyatakan sudah layak untuk menyelenggarakan MTQ.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, saat melakukan peninjauan pembangunan Stadion Utama menjelaskan, kondisi yang dinilai layak untuk penyelenggara MTQ Nasional nanti, cukup untuk selesainya tribun dan telah tuntasnya pengerasan di bagian lapangan. Hal ini dikarenakan, berdasarkan perhitungan E.O akan banyak event dalam pembukaan MTQ nantinya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, saat diwawancarai awak media usai meninjau pembanguan Stadion Utama di Sikabu, Padang Pariaman, Senin (17/2/2020)/Foto: M. Noli Hendra

Di Stadion Utama ini, ada tribun A, B, dan C. Tribun ini akan selesai sebelum pembukaan MTQ nantinya. Sejauh ini dari peninjauan yang dilakukan hanya tribun D yang diperkirakan bakal selesai jelang Agustus.

“Kita berharap pengerjaan dikebut, agar persiapan untuk MTQ Nasional benar-benar dilakukan sebaik mungkin,” jelasnya, Senin (17/2/2020).

Menurutnya, mengingat akan ada banyak kegiatan pada pembukaan nantinya, untuk lapangan sepakbola belum ditanami rumput, hal ini dikarenakan butuh perawatan yang lama untuk membuat rumput benar-benar tumbuh dengan baik.

Apalagi ada permintaan event organizer akan ada tarian massal ketika pembukaan, sehingga sangat dikhawatirkan kondisi rumput apabila ditanam dari sekarang.

Nasrul berharap, Stadion Utama Sumatera Barat ini menjadi stadion terbaik di Sumatera Barat, dengan total daya tampung 50 ribu. Soal jalan menuju Stadion Utama juga tengah ditender, untuk segera dimulai pembangunan.

“Untuk jalannya tahun ini sudah ditender, akhir bulan akan diketahui pemenang dan buat kontraknya,” sebutnya.

Sehubungan dengan Stadion Utama ini, setelah tuntas dilakukan pembukaan MTQ Nasional ke-27, di awal nanti dapat dilakukan kompetisi sepakbola, sehingga stadion ini bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Barat, dan berdampak kepada perekonomian masyarakat.

Lihat juga...