Personel Gabungan Gelar Bakti Sosial di Desa Way Sidomukti

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Personel gabungan melakukan bakti sosial di Desa Way Sidomukti, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel).

Bakti sosial di Dusun 3 tersebut dilakukan unsur Polres Lampung Selatan (Lamsel), Koramil 0421/03 Penengahan, Kecamatan Ketapang dan desa. Kegiatan bakti sosial menurutnya dilakukan usai meluapnya Way Sidomukti yang mengarah ke saluran irigasi warga.

Kapolsek Penengahan, AKP Hendra Saputra, SE, MM menyebut, kegiatan bakti sosial dilakukan dengan pembersihan lingkungan dan pemeriksaan kesehatan.

Kapolsek Penengahan, AKP Hendra Saputra, SE, MM saat kegiatan bakti sosial pembersihan lingkungan di Dusun 3, Desa Way Sidomukti, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Jumat (7/2/2020) – Foto: Henk Widi

Kegiatan pembersihan lingkungan sebagai tindak lanjut adanya genangan air di wilayah tersebut pada Kamis (6/2/2020).

Genangan air tersebut menurutnya imbas luapan sungai Way Sidomukti berbarengan dengan pasang air laut yang naik.

Saluran air yang kurang lancar selanjutnya dibersihkan dengan menggali dan membersihkan saluran. Bersama masyarakat, anggota Polsek Penengahan, Koramil 0421-03/Penengahan pembersihan saluran dilakukan menghindari sumbatan air.

Selain pembersihan saluran oleh warga, para wanita di desa tersebut ikut membersihkan sampah untuk menghindari munculnya penyakit.

“Potensi genangan air bisa menimbulkan penyakit sehingga hari ini unsur gabungan polisi, TNI, kecamatan bergotong royong membersihkan saluran air karena sehari sebelumnya air menggenangi perumahan warga,” terang AKP Hendra Saputra, saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (7/2/2020).

Kegiatan bakti sosial melibatkan sejumlah unsur menurutnya sekaligus mengajak masyarakat rutin membersihkan lingkungan. Sebagai cara untuk melayani masyarakat yang terimbas banjir urusan kesehatan (Urkes) dilibatkan.

Melibatkan unsur dokter dari Polres Lamsel dilakukan pemeriksaan terhadap sekitar 50 orang lebih warga. Dominan warga usia 40 tahun lebih diperiksa tekanan darah dan berbagai gangguan kesehatan.

Komandan Koramil 0421-03/Penengahan, Kapten Inf Ujang Haerudin, menyebut, bakti sosial merupakan bagian Koramil in Action.

Danramil 0421-03 Penengahan, Kapten Inf Ujang Haerudin, didampingi Madro’i camat kecamatan Ketapang Lampung Selatan, saat kegiatan bakti sosial di Desa Way Sidomukti, Jumat (7/2/2020) – Foto: Henk Widi

Sinergi antara unsur kepolisian, TNI dan masyarakat menurutnya menjadi dukungan bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebab saat penghujan potensi genangan air bisa menimbulkan dampak gangguan kesehatan.

“Kami imbau juga bagi para babinsa yang ada di setiap desa bisa aktif membantu masyarakat yang wilayahnya rawan banjir,” cetus Kapten Inf Ujang Haerudin.

Kepada para babinsa Danramil mendorong agar melakukan sosialisasi menjaga kebersihan lingkungan. Pembersihan saluran air, sampah yang menyumbat bisa dilakukan secara rutin melalui kegiatan Jumat Bersih.

Selain melakukan kegiatan pembersihan lingkungan bersama masyarakat Babinsa juga didorong untuk memantau kondisi wilayah yang rentan bencana banjir saat penghujan.

Koordinasi lintas sektoral di kecamatan Ketapang disambut positif Madro’i, camat setempat. Ia menyebut telah mengajak setiap unsur aparat desa rutin membersihkan lingkungan.

Khusus di wilayah Desa Way Sidomukti ia menyebut hanya ada belasan rumah terimbas luapan air. Hujan dengan intensitas besar dan saluran drainase yang kurang memadai bisa mengakibatkan banjir.

“Kegiatan baksos sekaligus menjadi cara menyadarkan masyarakat untuk aktif terlibat melakukan normalisasi saluran air,” papar Madro’i.

Baksos oleh berbagai unsur diakuinya membantu masyarakat terutama dengan adanya pemeriksaan kesehatan. Sebab usai genangan air potensi penyakit bisa timbul. Hadirnya urusan kesehatan dari Polres Lamsel menurutnya disambut antusias warga setempat.

Sunarti, salah satu warga yang merasakan gejala demam mengaku sangat senang ada tim kesehatan Polres Lamsel. Selain diperiksa tensi darah ia juga mendapat obat secara gratis.

Lihat juga...