Pertandingan Persahabatan Persis VS Persib Terkendala Izin

Stadion Manahan Solo ditinjau oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (kedua dari kanan), bersama rombongan, dan didampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo (kedua dari kanan) di Stadion Manahan Solo Jateng, Minggu (9/2/2020) – Foto Ant

SOLO – Pertandingan sepak bola persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020) terancam ditunda karena terkendala izin. Pertandingan tersebut adalah gagasan dari DPP suporter Pasoepati.

Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo membenarkan informasi, jika Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berwewenang dalam pembangunan Stadion Manahan Solo, belum menurunkan surat izin untuk menggelar pertandingan persahabatan tersebut. “Stadion Manahan Solo boleh digunakan, tetapi setelah diresmikan pembangunannya, dan diserahkan ke pemerintah daerah (Pemda),” katanya, Senin (10/2/2020).

Oleh karena itu, pihaknya meminta Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta, untuk berkoordinasi dengan panitia penyelenggara pertandingan. Utamanya mengkomunikasikan mengenai izin pertandingan yang belum turun tersebut. “Jika Kemen-PUPR tidak memberikan izin penggunaan Stadion Manahan, maka kegiatan pertandingan bisa batal,” tambah Rudyatmo.

Menyinggung soal panitia penyelenggara pertandingan persahabatan antara Persis Solo dan Persib Bandung sudah terlanjur menjual tiket melalui media sosial (medsos), Rudyatmo mengatakan hal itu, dapat ditunda hingga stadion diserahkan kepada Pemda. “Stadion Manahan Solo ini, mau diresmikan terlebih dahulu oleh Presiden, sehingga Kemen PUPR, tentunya khawatir jika digunakan bisa rusak,” tegas Rudyatmo.

Menurutnya, Kemen PUPR mengizinkan penggunaan stadion hanya untuk mencoba saja, dan tanpa menghadirkan penonton. Jika dengan penonton, memang harus ditunda setelah acara peresmian. “Peresmian Stadion Manahan Solo, informasi dari kementerian akan dilakukan sekitar akhir bulan ini. Sehingga, penyelenggaraan pertandingan persahabatan dapat ditunda setelah peresmian stadion,” tandasnya.

Sebelumnya, DPP Pasoepati sebagai organisasi suporter pendukung tim sepak bola Persis Solo, bakal menggelar pertandingan persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung. Pertandingan, digelar di Stadion Manahan Solo pada 15 Februari 2020 mendatang.

Menurut ketua panitia penyelenggara pertandingan persahabatan antara Persis Solo dan Persib Bandung, Sengkut Pandega, pertandingan persahabatan tersebut menandai acara puncak HUT ke-20 Organisasi Suporter Pasoepati, dan peringatan Hari Jadi ke-275 Kota Solo.

Acara puncak perayaan dua dekade lahirnya suporter Pasoepati tersebut dengan tema, Pertandingan Peringatan, Sinergi antara Pendukung dan Pemerintah. Sengkut mengatakan, pihaknya ingin menampilkan perayaan yang berbeda dalam HUT Ke-20 Pasoepati, yakni dengan mendukung dan terlibat langsung kegiatan perayaan Pasoepati dan Kota Solo. “Puncak acara pertandingan persahabatan Persis Solo melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo akan disaksikan ribuan suporter pendukung tim tuan rumah,” katanya. (Ant)

Lihat juga...