Petani Binaan Damandiri di Cilongok Kembangkan Komoditas Vanili

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Hamparan tanaman vanili terlihat di kawasan pabrik komunal gula kelapa di Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, yang merupakan binaan Yayasan Damandiri. Tanaman yang baru berusia satu bulan tersebut, bibitnya dikirm dari Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.

Total 4.000 lebih bibit tanaman vanila dari Mekarsari dan sudah ditanam di lahan seluas 2000 meter persegi di Cilongok. Dipilihnya tanaman vanili, karena mempunyai prospek yang bagus. Harga satu kilogram vanili kering mencapai Rp2 juta, bahkan dengan kualitas yang bagus bisa mencapai Rp3 juta per kilogram kering.

Ketua Koperasi Utama Sejahtera Mandiri, Riyan Hidayat, mengatakan untuk menanam valini, pihaknya melibatkan 10 orang petani setempat. Mulai dari pengolahan tanah, membuat bedengan dan lainnya.

Ketua Koperasi Utama Sejahtera Mandiri, Riyan Hidayat, di lahan komunal gula kelapa Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (18/2/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

“Tanaman vanili ini mempunyai nilai ekonomis tinggi, satu kilogram vanili basah harganya sekitar Rp400.000 per kilogram, namun jika dijemur terlebih dahulu hingga kering, harganya bisa mencapai Rp2 juta per kilogram,” jelasnya.

Guna memastikan kualitas bibit vanili, bibit tanaman didatangkan langsung dari Taman Buah Mekarsari. Saat ini, ketinggian pohon vanili masih kisaran 30 centimeter. Tanaman ini memang merupakan investasi dalam jangka panjang, sebab untuk panen perdana dibutuhkan waktu sekitar lima tahun.

Budi daya tanaman vanili cukup mudah, hanya saja tanaman ini tidak boleh terlalu berlebihan air atau sampai tergenang, karena akan membusuk dengan cepat. Karena itu, di area lahan dibuat bedengan.

Selain itu, tanaman juga tidak boleh terkena panas yang berlebihan. Karenanya, saat ini pihak koperasi sedang membuat paranet.

Salah satu petani yang ikut menanam vanili, Sigit Siswanto, mengatakan paranet berfungsi untuk memberikan naungan kepada tanaman, sehingga saat panas tidak langsung terkena sinar matahari, dan saat hujan air juga tidak langsung menimpa tanaman.

“Tanaman vanili membutuhkan penanganan yang serius, terlebih saat masih usia 1-3 bulan, harus benar-benar dijaga supaya tidak kelebihan air dan sinar matahari,” tuturnya.

Terkait hasil panen, Riyan mengatakan nantinya hasil panen vanili akan dibeli oleh Yayasan Damandiri.

Lihat juga...