Promosikan Produk Lokal, Pemkab Lumajang Gelar ‘Serbu Durian’

LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menggelar kegiatan “Serbu Durian” berupa kontes durian, bazar durian, dan pasar tani untuk mempromosikan produk lokal durian yang digelar di Pasar Agropolitan Senduro, kabupaten setempat pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, mengajak seluruh masyarakat baik Lumajang maupun luar kabupaten untuk datang ke acara “Serbu Durian” tersebut karena dijamin akan memanjakan lidah para penikmat buah durian.

“Ayo ramai-ramai makan durian dan setelah makan durian bisa berwisata di sekitar Senduro karena banyak tempat yang pemandangannya indah,” katanya di Kabupaten Lumajang, Kamis.

Ia menjelaskan Kabupaten Lumajang kaya akan komoditas buah berjuluk king of fruit tersebut, salah satu yang paling populer dan banyak diburu para pecinta durian yaitu durian kembang karena dengan cita rasa yang khas serta ciri adanya kembang di dalam buahnya, maka durian kembang tersebut menjadi buah lokal andalan Kabupaten Lumajang.

“Durian kembang yang di dalamnya ada bunganya (kembang) tidak ada di kota lain dan hanya ada di Kabupaten Lumajang, sehingga buah langka tersebut akan dikembangkan di wilayah setempat karena rasanya legit, teksturnya halus dan luar biasa manisnya,” tuturnya.

Tidak hanya durian kembang yang bisa dinikmati saat kegiatan “Serbu Durian” di Pasar Agropolitan Kecamatan Senduro karena masih banyak varietas durian lainnya yang juga tidak kalah nikmat, seperti halnya Durian Gundul, Durian Gencono, Durian Kukus, Durian Bungkik, Durian Susu, Durian Landak, Durian Senja Pelangi dan beberapa jenis durian lainnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang, Iwan Hadi Purnomo, mengatakan, masyarakat luas yang ingin mendapatkan buah Durian Kembang dengan kualitas premium dapat hadir dalam acara “Serbu Durian” yang akan dilaksanakan pada 28 Februari – 1 Maret 2020.

“Serbu Durian merupakan salah satu agenda Calender Event Kabupaten Lumajang tahun 2020 dan ada kesempatan untuk mendapatkan buah durian secara gratis sebanyak 1.000 buah yang disediakan panitia yang berlaku hanya untuk satu hari pada Sabtu (29/2),” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan Durian Kembang di Kabupaten Lumajang memiliki cita rasa pahit manis, dan mempunyai keistimewaan memiliki bunga kecil di dalam buahnya.

“Saat dimakan ada rasa pahitnya, manis, kayak mentega di lidah, serta ada kembang saat dibelah buahnya. Ada yang pernah coba. Tadi saya coba di sebelah danau di Desa Ranupani,” kata Khofifah melalui akun media sosial yang dikutip oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang. (Ant)

Lihat juga...