Prosesi Akad Nikah Danny-Raiyah Bernuansa Bugis

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Putra ketiga Siti Hardijanti Rukmana atau Mbak Tutut Soeharto, Danny Bimo Hendro Utomo atau Danny Rukmana hari ini resmi melaksanakan akad nikah dengan gadis Makassar, Raiyah Chitra Caesaria di Hotel Mulia, kawasan Senayan, Jakarta.

Akad nikah tersebut  dilaksanakan dengan adat Bugis-Makassar. Sebelum akad nikah digelar  ada prosesi adat Bugis yakni Angngaru yang telah dipersiapkan.

Angngaru memiliki makna sumpah atau ikrar yang diucapkan orang-orang Gowa pada zaman dulu. Tradisi ini biasanya diucapkan oleh abdi raja kepada rajanya, atau sebaliknya, oleh raja kepada rakyatnya.

“Prosesi Angngaru itu biasanya dibacakan para pemberani atau kesatria dari Makassar yang isinya tentang prinsip dalam menjalani kehidupan,” ungkap Daeng Sabil, budayawan Makassar kepada Cendana News, di lokasi prosesi akad nikah, Sabtu (15/2/2020).

Daeng Sabil, salah seorang budayawan Makassar yang hadir dalam pernikahan Danny-Raiyah, Sabtu (15/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

Angngaru adalah wejangan orang Makassar untuk kedua mempelai, untuk diingatkan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Tentang nilai kehidupan yang luhur untuk terus saling mengingatkan dalam kondisi apa pun.

“Ini untuk kedua mempelai, diingatkan, tentang kehidupan leluhur Sulawesi Selatan. Harus terus bersama dalam menyelesaikan masalah apa pun,” ujar Daeng Sabil.

Dalam tradisi Bugis-Makassar, ketika ada masalah dalam mahligai bahtera rumah tangga, cepat duduk bersama menghilangkan rasa amarah.

Prosesi adat tersebut dilambangkan dengan adegan pencak silat, diiringi dengan tabuhan khas Sulawesi Selatan. Para kesatria menunjukkan pencak silat dasar khas Bugis.

Prosesi Angngaru juga diiringi musik tundrung (pukul) pakan jara atau motif gendang. Satu orang  menyampaikan petuah perkawinan sebelum prosesi akad nikah dilaksanakan.

“Di penghujung prosesi adat tersebut ada dialog dengan keluarga mempelai pria yang akan menikahi gadis Makassar,” ujarnya.

Pantauan Cendana News di Hotel Mulia, para tamu terutama keluarga inti Cendana sudah mulai hadir. Terlihat Tommy Soeharto dan Titiek Soeharto juga sudah hadir dan mengenakan pakaian khas Bugis.

Para tamu sudah mulai hadir, semua tamu inti kedua mempelai menggunakan pakaian khas Bugis. Terlihat Titiek Soeharto hadir menggunakan pakaian khas Bugis, Sabtu (15/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

Mbak Tutut Soeharto bersama suaminya, Indra Rukmana, juga terlihat sudah hadir di Hotel Mulia untuk persiapan menjelang prosesi akad nikah Danny-Raiyah.

Lihat juga...