Renault Pertontonkan Sekilas Mobil F1 Barunya

Renault R.S.20 – Foto Ant

JAKARTA – Renault meluncurkan kampanyenya untuk Grand Prix Formula 1 musim 2020 di Paris, Prancis, Rabu (12/2/2020). Mereka mempertunjukkan sekilas mobil baru R.S.20, yang dibalut livery khusus untuk sesi tes.

Pada acara peluncuran tersebut, Renault menghadirkan jajaran pebalap mereka, Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon yang menggantikan Nico Hulkenberg. Renault juga memperkenalkan Pat Fry, sebagai Chassis Technical Director. Fry sebelum ini turut membantu kesuksesan Ferrari dan McLaren.

Kepala tim, Cyril Abiteboul mengungkapkan, Renault musim ini fokus untuk membangkitkan kembali semangat tim. Hal itu dikarenakan, kondisi mereja yang gagal mempertahankan peringkat empat konstruktor di musim tahun lalu. Saat itu posisinya digeser oleh McLaren. “Merebut kembali posisi keempat di kejuaraan konstruktor tetap menjadi tujuan musim ini, yang akan lebih ketat dari pada sebelumnya,” kata Abiteboul.

Sementara itu Ocon, mengaku senang bisa kembali turun di F1 setelah kehilangan bangkunya di tim Force India pada 2018. Dia sempat menjalani peran sebagai pebalap cadangan tim Mercedes. “Kami menghabiskan banyak waktu untuk persiapan, dan saya siap untuk tantangan ini. Saya menanti untuk bisa balapan lagi, kembali di mana saya seharusnya berada, setelah menunggu satu tahun. Saya melihat banyak detail di Renault R.S.20 ini. Menyenangkan melihat desain ini, tapi hal selanjutnya yang kalian inginkan adalah berada di belakang kemudi dan seperti apa rasanya,” kata pebalap asal Prancis itu.

Sementara Ricciardo, yang finis peringkat sembilan tahun lalu, akan menjalani tahun keduanya bersama Renault, sejak meninggalkan Red Bull. “Saya ingin melebur lebih baik ke dalam tim, setelah melewati satu musim penuh,” kata pebalap asal Australia itu.

Ricciardo mengaku banyak belajar dari sesi musim lalu. “Salah satu pelajaran terpenting bagi saya adalah, ini bukan sekedar menjadi pebalap terpintar di paddock Formula 1, kalian membutuhkan setiap individu di tim yang mengerahkan segala kemampuan yang mereka miliki,” tandasnya.

R.S.20 akan turun di trek untuk pertama kali pada 19 Februari pada sesi tes pramusim yang digelar di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. (Ant)

Lihat juga...