Resepsi Pernikahan Danny-Raiyah Berbalut Adat Jawa

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Resepsi pernikahan Danny Rukmana, putra ketiga Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut Soeharto dengan Raiyah Chitra Caesaria dilangsungkan dalam budaya Jawa. Keduanya memakai pakaian Jawi Jangkep.

Tamu yang hadir pun dari beragam dari kaki lima hingga bintang lima terlihat, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, politisi PAN Zulkifli Hasan, mantan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, Menpan RB Tjahjo Kumolo. Dari kalangan artis Eko Patrio, Roy Marten, Jaja Miharja, pedangdut Sultan Djorgi, Rhoma Irama hingga Elvi Sukaesih hadir.

Mereka satu per satu masuk ke area pelaminan dan menyalami kedua mempelai yang didampingi orang tua masing-masing. Tampak senang sekali terlihat Mbak Tutut bersama suami, Indra Rukmana Kowara, Ibunda Raiyah, Andi Dalaisa Rifai Abdussalam dan suami Andi Abdussalam Tabusalla tak hentinya menyalami tamu undangan yang hadir memberi doa.

Akad nikah dilangsungkan tadi pagi dan berjalan secara khidmat. Prosesi akad berlangsung dalam budaya Bugis.Danny memberikan maskawin 20,2 gram emas dan 88 riyal.

Kirab pengantin Danny Rukmana, putra ketiga Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut Soeharto dengan Raiyah Chitra Caesaria dalam iringan prosesi pernikahan adat Jawa, Sabtu (15/2/2020) malam di Jakarta, -Foto: Ist

Doa dan harapan dihaturkan para tamu. Salah satunya dari mantan Menteri KKP Susi Pujiaatuti, Mengucapkan selamat berbahagia kepada Mbak Tutut. Dia memberi restu dalam resepsi pernikahan Danny Rukmana, putra Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut Soeharto dengan Raiyah Chitra.

“Selamat berbahagia untuk Mbak Tutut dan Bapak (Indra Rukmana),” ujar Susi, mendoakan agar rumah tangga Danny senantiasa dinaungi kebahagiaan.

Dia pun berpesan agar Danny dan Raiyah selalu menjaga kerukunan, terus bahagia dan rukun selalu.
Resepsi berlangsung dalam budaya Jawa di Hotel Mulia, Jakarta Pusat. Acara resepsi diisi hiburan nyanyi. Nuansa Jawa sangat kental di lokasi pesta.

Terlihat dekorasi hingga tabuhan musik. Kirab pengantin pun dimulai dengan serangkaian prosesi. Salah satunya adalah kedua mempelai minum air zamzam.

Hal tersebut sebagai simbol doa agar Danny dan Raiyah memiliki hati yang bening dalam menjalani bahtera rumah tangga. Juga, sebagai permohonan ridha Tuhan Yang Maha Esa atas pernikahan keduanya.

Lihat juga...