Roma, Leverkusen, dan Wolverhampton Susul Rangers ke-16 Besar Liga Europa

Penyerang sayap AS Roma Justin Kluivert (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ke gawang Gent dalam leg kedua babak 32 besar Liga Europa di Stadion Ghelamco Arena, Ghent, Belgia, Kamis (27/2/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – AS Roma, Bayer Leverkusen dan Wolverhampton, menjadi tiga dari tujuh tim yang sudah memastikan diri menyusul Rangers, ke babak 16 besar Liga Europa.

Dari ketiga tim tersebut, hanya Leverkusen yang meraih kemenangan di leg kedua, untuk memuluskan langkah mereka ke babak 16 besar. Leverkusen yang bertandang ke markas Porto di Stadion Dragao, Portugal, Kamis (27/2/2020) setempat atau Jumat (28/2/2020) WIB, menundukkan tuan rumah dengan skor 3-1.

Sementara itu pada pertandingan lainnya, yang mempertemukan Gent dan Roma, wakil dari Italia tersebut memang 1-2 dengan agregat 3-2. Roma sempat dilanda kekhawatiran, ketika Gent menyamakan agregat 1-1, berkat keunggulan yang dihasilkan dari sepakan kaki kiri Jonathan Davis untuk tuan rumah pada menit ke-25.

Namun, kekhawatiran itu hanya bertahan sejenak, sebab empat menit kemudian, umpan terobosan Henrikh Mkhitaryan sukses diselesaikan sempurna oleh Justin Kluivert. Skor 1-1 tersebut bertahan hingga peluit akhir berbunyi di Ghelamco Arena. Dan langkah Roma ke babak 16 besar Liga Europa dengan bekal kemenangan agregat 3-2.

Sementara itu Espanyol  memang 3 – 2 atas Wolverhampton, dengan agregat 3-6. Tiba di Stadion RCDE berbekal kemenangan 4-0, membuat tim besutan Nuno Espirito Santo bermain cukup tenang, meski harus tampil di hadapan pendukung lawannya.

Trigol yang dilesakkan Jonathan Calleri, tak cukup menyelamatkan nasib Espanyol, sebab Adama Traore dan Matt Doherty mencetak gol bagi Wolverhampton, yang melempangkan langkah mereka ke babak 16 besar dengan kemenangan agregat 6-3. Sementara itu, modal kemenangan telak 3-0 di kandang Apoel sepekan lalu, membuat FC Basel tampil begitu tenang. Mereka hanya butuh satu gol lewat eksekusi penalti Fabian Frei di Stadion St. Jakob-Park, untuk lolos ke babak 16 besar dengan skor agregat 4-0.

Gelandang serang Bayer Leverkusen Kai Havertz (kiri) melakukan selebrasi bersama Moussa Diaby (tengah) dan Lucas Alario seusai mencetak gol ke gawang Porto dalam pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Kamis (27/2/2020) waktu setempat – Foto Ant

Leverkusen, yang memenangi leg pertama 2-1 di kandang sendiri, unggul tiga gol tanpa balas atas Porto pada menit ke-57, menyusul gol-gol Lucas Alario, Kerem Demirbay dan Kai Havertz di Stadion Dragao.

Porto membalas sekali melalui Moussa Marega, yang belakangan hanya menjadi gol hiburan bagi Porto yang kalah 1-3. Kekalahan tersebut membuat langkah Porto terhenti dengan skor agregat 2-5. Sementara, modal hasil imbang 1-1 dari markas AZ Alkmaar, dimanfaatkan secara penuh oleh LASK yang menang 2-0 di Stadion Linzer, Linz, Austria. Dwigol Marko Raguz mengantarkan LASK meraih kemenangan agregat 3-1 dan satu tiket ke 16 besar.

Wolfsburg, menuntaskan pekerjaannya dengan sempurna, setelah menang 2-1 di kandang sendiri, sebelum kemudian melumat Malmo tiga gol tanpa balas yang dicetak Joip Brekalo, Yannick Gerhardt dan Joao Victor. Wolfsburg jadi tim Jerman kedua yang melangkah ke babak 16 besar bersama Leverkusen, yang juga menang di pertandingan lain.

Laga antara Istanbul Basaksehir kontra Sporting CP harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu di Stadion Basakshir Fatih Terim, lantaran tuan rumah memegang kemenangan 3-1 sehingga skor agregat sama kuat 4-4. Hanya semenit jelang babak tambahan kedua berakhir, Edin Visca menyarangkan tendangan 12 pas, menyusul pelanggaran Luciano Vietto terhadap Junior Caicara yang mengantarkan Istanbul Basaksehir lolos ke 16 besar dengan kemenangan agregat 5-4. (Ant)

Lihat juga...