Sop Ikan Batam Ada di Gunung Putri

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Sop ikan Batam, kudapan khas di salah satu kota di wilayah provinsi berjuluk Bumi Segantang Lada tersebut cukup memberi kesan tersendiri bagi penikmatnya. Sekali mencicipi sop dengan kuah bening ini, pasti merasakan sensasi berbeda.

Sop ikan Batam adalah sop ikan dengan kuah bening yang memiliki cita rasa menyegarkan ketika disantap dalam suasana apa pun. Tak perlu jauh ke Batam karena ada di Gunung Putri, Desa Bojongkulur. Tepatnya di Jalan menuju Villa Nusa Indah, Kabupaten Bogor.

Bukan di tempat khusus, sop ikan Batam bisa dinikmati di rumah makan Padang Takana Juo, berlokasi di jalan Parpostel, Desa Bojongkulur, berbatasan langsung dengan Kota Bekasi, Jawa Barat.

Syafrizal, pemilik rumah makan Padang Takana Juo, yang menghadirkan menu khusus sop ikan Batam, ditemui Cendana News, Sabtu (22/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

“Sop ikan Batam itu istimewa, buatnya pun simpel tidak ribet. Tapi kuncinya ada di ikan dan bumbu, ikan harus segar kalau tidak, maka rasa sop tidak enak,” ujar Syahrizal, pemilik rumah makan Takana Juo, kepada Cendana News, Sabtu (22/2/2020).

Menurutnya, sop ikan Batam menggunakan beberapa jenis ikan. Tapi biasanya untuk memberi kelezatan khas harus menggunakan ikan tenggiri, ikan kakap putih atau ikan nila.

Syahrizal mengakui, bahwa dirinya masih mendatangkan bumbu langsung dari Kota Batam. Karena menurutnya bumbu khas menggunakan ikan Tipaw atau ikan kering.

“Bumbu khusus sop ikan Batam menggunakan ikan Tipaw yang hanya ada di Batam wilayah Nagoya. Sehingga rasanya pasti berbeda dengan sop ikan di tempat lain,” tukasnya.

Untuk campuran lainnya banyak di pasar tradisional sekitar Bojongkulur atau lainnya. Dia mengatakan, campuran lainnya yakni sawi asin, bawang putih, daun selada keriting, lada, tomat dan lainnya.

Sop ikan Batam imbuhnya, bisa jadi pilihan untuk orang yang sedang sakit, selain hangat karena adanya kandungan ikan yang ada dalam sop.

Berinisiatif menghadirkan menu khusus sop ikan Batam di rumah makan Padang, Syahrizal mengaku karena pengalamannya bekerja di Batam.

Di sana dia mengenal sop ikan Batam yang banyak diburu penikmat kuliner dari berbagai daerah ketika mereka berkunjung di wilayah gerbang perbatasan utara Indonesia tersebut.

“Alhamdulillah, peminatnya cukup banyak juga. Seakan jadi ikon rumah makan Takana Juo. Selain menu khas Sumatera Barat, mereka juga banyak memilih sop ikan Batam,” tukasnya.

Untuk harga, berkisar dari Rp25 ribu sampai Rp30 ribu plus nasi sekenyangnya. Harga Rp30 ribu untuk sop ikan Batam dicampur dengan udang atau cumi sehingga menambah sensasi rasa makanan lebih nikmat.

Lihat juga...