Sultra Berpotensi Hujan Disertai Guntur dan Angin Kencang

KENDARI — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Sultra berpotensi hujan disertai guntur dan angin kencang

Prakirawan BMKG Sultra, Faizal Habibie, mengatakan beberapa wilayah Sultra seperti di Kota Baubau, Buton Selatan, Buton Tengah, Konawe, Konawe Selatan, Kendari dan Kolaka Timur berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

“Peringatan dini potensi terjadi hujan sedang hingga lebat biasanya disertai dengan angin kencang dan guntur di wilayah Baubau, Buton Selatan, Buton Tengah, Konawe, Konawe Selatan, Kendari dan Kolaka Timur,” katanya, Sabtu (8/2/2020).

Faizal juga mengungkapkan, prakiraan cuaca wilayah Sultra pada 8 sampai 9 Februari 2020, mengalami variasi mulai pagi siang hingga malam, ada yang hujan ringan ada juga yang hujan lokal dengan intensitas ringan yang disertai guntur dan angin kencang.

“Pagi hari berpotensi hujan sedang di wilayah Baubau, Buton Selatan dan Buton Tengah. Hujan ringan di wilayah Buton dan Buton Utara. Hujan lokal di wilayah Kabaena, Wanci, Kolaka dan Bombana,” katanya.

Kemudian siang dan sore hari, berpotensi hujan sedang di wilayah Konawe, Konawe Selatan, Kendari dan Kolaka Timur. Hujan ringan di wilayah Buton Selatan, Bombana, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Utara dan Wakatobi.

“Sementara malam hari berpotensi hujan sedang di wilayah Buton Tengah. Hujan ringan di wilayah Baubau, Buton Selatan dan Buton Utara. Hujan Lokal di wilayah Muna, Muna Barat, Kendari, Konawe Utara, Konawe dan Wakatobi. Selanjutnya dini hari berpotensi Hujan ringan di wilayah Wakatobi, Kendari, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Buton, Buton Utara dan Buton Tengah,” katanya.

Ia juga menyampaikan suhu udara mencapai 23-32 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari Barat Laut menuju Timur Laut dengan kecepatan 2-20 kilometer per jam. (Ant)

Lihat juga...