Tandang ke Markas Heracles Almelo, Ajax Kalah 0-1

Pemain Heracles, Almelo Cyriel Dessers, merayakan golnya ke gawang Ajax dalam laga pekan ke-24 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Erve Asito pada Minggu (23/2/2020) malam WIB – Foto Ant

JAKARTA – Ajax tersandung, saat bertandang ke markas Heracles Almelo, setelah kalah 1-0 dalam laga penutup pekan ke-24 Liga Belanda, yang berlangsung di Stadion Erve Asito, Minggu (23/2/2020) malam WIB.

Satu-satunya gol yang membuat Ajax harus menyerah atas tuan rumah, dicetak Cyriel Dessers pada babak kedua. Kekalahan ini membuat Ajax (53 poin) gagal memperlebar keunggulan enam poin dari AZ Alkmaar yang menghuni posisi kedua dengan 50 poin. Sementara bagi Heracles, hasil tersebut membuat mereka naik dua peringkat ke posisi sembilan dengan 32 poin. Sepanjang pertandingan, Ajax mendominasi penguasaan bola dengan rataan 61 persen berbanding 39 persen.

Namun lini depan mereka kurang efektif dan banyak menyia-nyiakan peluang. Ajax mencatatkan 26 percobaan tendangan ke arah gawang, dan hanya lima yang mengarah ke gawang. Heracles hanya mengemas 12 percobaan tendangan dan enam di antaranya mengarah ke gawang.

Meski mendominasi, Ajax baru bisa mencatatkan peluang bersih saat memasuki menit ke-17. Namun, sepakan Lisandro Martinez menerima umpan Ryan Babel, masih bisa diselamatkan kiper Janis Blaswich. Lima menit berselang, giliran Heracles yang hampir mencetak angka. Sayang sepakan Cyriel Dessers di dalam kotak penalti bisa ditepis Andre Onana. Ajax terus menggempur lini pertahanan Heracles pada sisa waktu babak pertama, namun hingga turun minum skor tetap 0-0.

Babak kedua, Ajax masih mengambil alih permainan yang diawali peluang Perr Schuurs. Namun sepakannya melenceng tak tentu arah. Keasikan menyerang membuat lini belakang Ajax lengah. Cyriel Dessers menghukum kelengahan lini belakang Ajax untuk membuat seisi stadion bergemuruh pada menit ke-77.

Berawal dari umpan lambung kiper Janis Blaswich, Cyriel Dessers yang mampu lepas dari pengawalan langsung melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Sepakan yang membuat Andre Onana hanya termenung melihat arah laju bola. Usai gol itu, Ajax terus menggempur lini pertahanan tuan rumah. Namun kerja keras mereka tak membuahkan hasil hingga laga usai. (Ant)

Lihat juga...