Tekan Angka Kecelakaan, Polda Jateng Edukasi Generasi Milenial

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Angka kecelakaan lalu lintas di Jateng cukup tinggi. Berdasarkan data Kepolisian Daerah (Polda) Jateng, selama tahun 2019, tercatat ada 24.869 kasus kecelakaan. Kejadian tersebut menyebabkan 3.974 korban meninggal, 91 luka berat dan luka ringan 29.198 korban.

“Dari analisa yang kita lakukan, kecenderungan kecelakaan tersebut terjadi karena faktor manusia atau human error. Hal ini tentu menjadi perhatian, untuk itu kita dorong masyarakat agar mendapat edukasi yang baik dan benar, terkait tertib berlalu lintas. Terutama bagi pelajar dan mahasiswa, mereka kita harapkan bisa menjadi kader keselamatan lalu lintas,” papar Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Subandriya, dalam Police Goes To Campus di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Rabu (26/2/2020).

Dipaparkan, melalui kegiatan tersebut mahasiswa Udinus diharapkan akan menjadi embrio dan pelopor keselamatan berlalulintas, untuk menekan angka kecelakaan yang didominasi oleh generasi millenial.

“Udinus kami jadikan sebagai Kampus Pelopor Keselamatan (Kapeka) Berlalu Lintas. Terlebih program Police Goes To Campus ini, merupakan wujud komitmen Polri dalam membangun kesadaran tertib berkendara kepada masyarakat usia muda atau generasi milenial,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bagian Klaim PT Jasa Raharja Jateng, Oloan Sianipar menambahkan sepanjang tahun 2019, pihaknya sudah mencairkan santunan kecelakaan lalu lintas sebesar Rp 400 miliar.

“Jasa Raharja hadir di tengah masyarakat untuk memberikan santunan kepada korban kecelakaan sesuai dengan undang-undang, namun kita berharap angka kecelakaan ini bisa ditekan, supaya kita semua bisa selamat berlalu lintas,” tandasnya.

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko menambahkan, pihaknya juga terus mendorong dan mengedukasi sivitas akademika, untuk mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Terlebih terdapat puluhan ribu mahasiswa yang menggunakan kendaraan bermotor setiap hari, baik roda empat atau pun roda dua.

Lihat juga...