Tiga Ketua Kamar MA Dilantik

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali, melantik tiga ketua kamar Mahkamah Agung. Ketiganya adalah Ketua bidang Perdata, I Gusti Agung Sumanatha, Ketua Pengawasan, Andi Samsan Nganro, dan Ketua Pembinaan, Takdir Rahmadi, di ruangan Kusuma Atmadja, Gedung MK, Jakarta.

“Saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Muda MA dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara Republik 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, menurut UUD Negara Republik Indonesia 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Hatta Ali, membacakan sumpah jabatan, yang diikuti tiga pejabat yang dilantik di Ruang Kusuma Atmadja, gedung MA, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Hatta Ali berharap, ketiga ketua kamar di Mahkamah Agung bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya, sehingga menjadikan cita-cita MA sebagai lembaga peradilan yang bersih tercapai.

“Harapan saya kepada para ketua kamar yang dilantik bisa membawa MA lebih baik lagi, untuk mencapai cita-cita Mahkamah Agung sebagai lembaga peradilan bersih,” ujarnya.

Lebih jauh Hatta Ali mengatakan, pelantikan ketiga ketua kamar tersebut sesuai Keputusan Presiden nomor 20/P tahun 2020 dan Keputusan Presiden nomor 21/P tahun 2020.

“Ketua Kamar Perdata I Gusti Agung Sumanatha menggantikan posisi Soltani Mohdally. Ketua Pengawasan Andi Samsan Nganro menggantikan Sunarto, dan Ketua Pembinaan Takdir Rahmadi yang sebelumnya juga telah menjabat sebagai Ketua Pembina,” ungkapnya.

Pelantikan dihadiri Ketua dan Kepala Lembaga Negara dan Instansi Pemerintah. Di antaranya Ketua MK, Anwar Usman, Ketua KY Jaja Ahmad Jayus, Kepala Kejaksaan Agung ST Burhanuddin dan pejabat di lingkungan MA.

Lihat juga...