Tiga Titik di Kawasan Kemang Jaksel Tergenang 30-70 Cm

JAKARTA — Sedikitnya tiga titik genangan air setinggi 30-70 sentimeter (cm) terjadi di kawasan Kemang, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu.

Lurah Bangkan Nofia Enita mengatakan lokasi genangan yang terpantau ada di tiga lokasi yakni Kemang Selatan X RT 03/RW 02, Kemang Timur XI di RT 12/RW 03 dan Kemang Utara IX, tepatnya di RT 04/RW 03.

“Di Kemang X RT 03/RW 02 air naik dari jam 07.00 WIB pagi, luapan Kali Krukut kiriman dari Bogor, ketinggian air 40  cm dan sudah surut,” kata Nofia.

Selanjutnya di wilayah Kemang Timur XI RT 12/RW 03 ketinggian air mencapai 70 cm akibat curah hujan dan luapan Kali Mampang.

Genangan berikutnya di Jalan Kemang Utara IX dekat Pasar Buncit, ketinggian mencapai satu meter hingga menutup akses jalan.

“Di Kemang Utara IX juga dari luapan Kali Mampang, sudah berangsur surut kini tersisa genangan 30 sampai 40 cm,” kata Nofia.

Nofia mengatakan sampai saat ini belum ada warga yang diungsikan akibat genangan atau banjir di kawasan Kemang tersebut.

Warga masih bertahan di rumahnya masing-masing dan sudah diinformasikan untuk waspada dan siaga bila sewaktu-waktu air meluap lagi.

“Kami sudah menyiagakan posko banjir di kantor kelurahan, seluruh pasukan PPSU, LDM, RT, RW, dan Satpol PP siaga,” kata Nofia.

Hujan mengguyur kawasan Jakarta sejak Jumat (8/2) malam, selain karena curah hujan, genangan juga berasal dari luapan kali akibat kiriman air dari Bogor.

Status muka air di Bendung Katulampa, Bogor pada malam itu mencapai 130 cm, sehingga sempat membuat Pintu Air Manggarai berstatus siaga dua banjir atau 920 cm.

Kali Mampang dan Kali Krukut diyakini warga juga merupakan pecahan dari aliran Sungai Ciliwung yang berhulu di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Pada banjir 1 Januari 2020, Jalan Kemang Selatan X juga ikut terendam banjir dengan ketinggian hingga 1,5 meter. (Ant)

Lihat juga...