Tingkatkan Gizi Masyarakat Pemkab Lamsel Bagikan Ribuan Telur

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Tingkatkan gizi masyarakat khususnya bagi anak-anak, lanjut usia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) bagikan ribuan telur ayam.

M. Arsyad, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamsel menyebut, pembagian telur dilakukan pada tiga desa di Kecamatan Kalianda dan Ketapang.

Total telur ayam yang dibagikan menurut M. Arsyad berjumlah 126.000 butir. Jumlah tersebut dibagikan sebanyak 76.000 butir di Desa Kemukus dan Desa Bangunrejo.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, M. Arsyad saat penyerahan telur ayam bagi warga di Desa Kemukus, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Kamis 27/2/2020) – Foto: Henk Widi

Sebanyak 50.000 butir dibagikan pada pesantren Gontor yang ada di Desa Tajimalela Kalianda. Dua perusahaan terlibat dalam memberikan telur bagi masyarakat meliputi PT Malindo dan PT Central Avian Pertiwi (CAP).

Melalui pembagian telur ayam gratis tersebut M. Arsyad menyebut Plt Bupati Lamsel, Nanang Ermanto melalui dinas terkait ingin menurunkan angka gizi buruk, kekerdilan (stunting).

Pembagian telur sengaja difokuskan pada locus stunting di Desa Bangunrejo dan Kemukus yang terdata oleh Kementerian Kesehatan masih memiliki warga yang menderita stunting.

“Intervensi penurunan stunting bagi anak-anak, lansia melibatkan unsur Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam hal ini menggandeng perusahaan ayam petelur bagi desa di dua kecamatan,” terang M. Arsyad saat dikonfirmasi di Desa Kemukus, Kecamatan Ketapang, Kamis (27/2/2020)

Program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di bidang peternakan yang ada di Lamsel menjadi upaya mendukung pemerintah. Sebab program CSR tersebut merupakan program nasional dalam membantu menekan stunting.

Melalui pembagian telur kesadaran masyarakat untuk konsumsi protein. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan membantu intervensi stunting dengan ikut membagikan sumber asupan gizi melalui telur.

Kepada masyarakat M. Arsyad juga menganjurkan masyarakat memelihara unggas. Unggas yang dipelihara dapat menghasilkan telur meliputi ayam, entok dan bebek.

Melalui pemanfaatan pekarangan untuk beternak ia memastikan locus stunting di desa Kemukus dan Bangunrejo bisa dientaskan. Pemberian bantuan telur menjadi stimulan yang harus dilanjutkan dengan penyediaan sumber protein berkelanjutan.

“Tingkat konsumsi daging tentunya masih berat,minimal protein dari telur yang bisa dipelihara di sekitar rumah,” papar M. Arsyad.

Camat Kecamatan Ketapang, Madroi, menyebut locus stunting di Desa Kemukus, Bangunrejo mendapat prioritas untuk pemberian telur. Sesuai data warga di Desa Kemukus yang mendapat bantuan telur sebanyak 616 kepala keluarga (KK).

Di Desa Bangunrejo sebanyak 878 KK mendapat bantuan telur yang bisa diolah untuk menambah gizi keluarga.

“Fokus konsumsi telur untuk penambahan gizi bagi anak balita ,anak sekolah, ibu hamil, menyusui dan lansia,” beber Madroi.

Peran serta PT CAP menurutnya sangat penting sebab perusahaan ayam petelur tersebut berada di dekat kecamatan Ketapang. CSR perusahaan dalam upaya meningkatkan gizi masyarakat dilakukan agar bisa mengurangi angka stunting.

Selain bagi masyarakat umum, pemberian telur yang dibagikan dalam kondisi matang diberikan bagi siswa TK, PAUD dan SD.

Pembagian telur ayam untuk pelajar dilakukan langsung oleh camat di SDN 1 Bangunrejo. Tiur Maida, Kepala Sekolah SDN 1 Bangunrejo menyebut, mengapresiasi sejumlah pihak yang peduli akan kecukupan gizi siswa.

Tiur Maida, Kepala Sekolah SDN 1 Bangunrejo, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, saat pemberian bantuan telur untuk penambahan gizi bagi siswa, Kamis (27/2/2020) – Foto: Henk Widi

Bantuan telur dari Pemkab Lamsel melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, perusahaan diberikan bagi sebanyak 216 siswa.

“Setiap siswa mendapat jatah sepuluh telur dan akan bermanfaat untuk menambah gizi siswa,” cetusnya.

Pemenuhan kebutuhan gizi bagi siswa menurutnya mendukung tumbuh kembang siswa. Sejumlah prestasi siswa akan meningkat dengan adanya gizi yang mendukung.

Dalam sejumlah kegiatan SDN 1 Bangunrejo menurut Tiur Maida telah berprestasi diantaranya di bidang akademik, olahraga dan sejumlah bidang lain.

Selain diberi telur secara gratis ia menganjurkan orangtua menambah kecukupan gizi dengan makanan yang seimbang.

Herman, Humas PT CAP menyebut mendukung langkah pemerintah menurunkan stunting. Sebanyak 53.000 lebih telur sudah dibagikan sebelum pelaksanaan di Kecamatan Ketapang.

Herman, Humas PT Central Avian Pertiwi yang memberikan CSR telur ayam bagi masyarakat di Desa Kemukus dan Desa Bangunrejo, Kecamatan Ketapang, Kamis (27/2/2020) – Foto: Henk Widi

Memasuki bulan Februari ia menyebut sebanyak 38.000 butir telur dibagikan. Pembagian telur tersebut sekaligus menjadi upaya mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat.

Lihat juga...