TNI Bagikan Sembako untuk Warga Perbatasan

PALEMBANG  – Satuan tugas pengamanan perbatasan dari Yonif 142 Kodam II/Sriwijaya membagikan bahan pokok kepada warga perbatasan di Desa Kewar, Kecamatan Lemaknen Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Berbagi dengan sesama, merupakan salah satu semboyan yang selalu diterapkan Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif R 142/KJ dalam melaksanakan tugas di mana pun berada, kata Dansatgas pengamanan perbatasan, Letkol Inf Ikhsanudin, dalam keterangannya yang diterima di Palembang, Jumat.

“Kegiatan yang dilaksanakan personel kami di Pos Kewar ini merupakan salah satu bentuk perhatian Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ terhadap kondisi warga perbatasan yang berada di sekitar mereka,” ujar dia.

Pihaknya berharap melalui kegiatan anjangsana ini dapat lebih mempererat tali silaturahim dengan warga di sekeliling dan dengan pemberian sembako tersebut diharapkan dapat meringankan beban kesulitan warga dalam bidang ekonomi.

“Kegiatan anjangsana dan pemberian sembako tersebut dipimpin langsung Serda Artison selaku Wadanpos Kewar bersama 4 orang personel Pos Kewar lainnya,” kata dia.

Menurut dia, kegiatan anjangsana secara rutin setiap hari, dengan tujuan agar terjalin kedekatan antara personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dengan masyarakat di wilayah perbatasan, sehingga terjalin komunikasi dua arah dalam menerima saran dan masukan terhadap setiap permasalahan sosial yang berkembang di lingkungan masyarakat.

Kegiatan anjangsana merupakan bagian dari pelaksanaan tugas Binter Satnonkowil yang dilaksanakan disamping pelaksanaan tugas utama Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

Pelaksanaan tugas Binter Satnonkowil dilaksanakan melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat, dan bekerja sama dengan Instansi Pemerintah terkait guna mendukung pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah, serta bertujuan untuk mendukung tugas utama dalam rangka menjaga wilayah perbatasan sehingga tercapai secara maksimal.

“Saya selalu berpesan kepada setiap personel yang berada di sepanjang garis perbatasan sektor timur Indonesia – Timor Leste, agar kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat hendaknya dapat selalu memberikan manfaat serta pengaruh positif kepada warga di sekitar pos,” tambah dia.

Sementara Mama Mariana (75) warga yang menerima sembako mengatakan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah memberikan bantuan berupa sembako.

“Semoga seluruh anggota TNI yang sedang melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga dapat membantu segala kesulitan warga di tapal batas,” ujar dia.

Sementara Danpos Kewar, Sertu Riaddus Solihin, mengatakan, kegiatan yang telah dilakukan personelnya merupakan bagian dari kegiatan teritorial dalam rangka melakukan pendekatan kepada warga masyarakat, sehingga diharapkan lebih meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, yang telah terjalin dengan baik selama ini.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kecintaan dan kepedulian TNI terhadap warga masyarakat yang berada di tapal batas,” ujar dia.

Memang kegiatan tersebut salah satu wujud tugas di bidang teritorial, dan pihaknya akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi warga masyarakat, karena menyadari bahwa TNI lahir dan besar untuk rakyat, tambah Danpos Kewar. (Ant)

Lihat juga...