Tularkan Keteladanan, 100 Tokoh Inspirasi Jateng Dibukukan

JAKARTA — Sebanyak 100 orang berasal dari Jawa Tengah yang dinilai berprestasi sekaligus berkarakter, mendorong jurnalis kawakan Bambang Sadono untuk dibukukan. Beragam latar profesi dan aktivitas tokoh tersebut dipotret dengan pendekatan ‘jurnalistik tokoh’.

“Pengalaman saya untuk memotivasi atau mengatakan kepada generasi muda itu lebih gampang dengan contoh. Dan contoh itu konkret orang. Apa yang masuk di dalam buku saya itu, kriterianya berprestasi dan karakternya bagus. Orang itu mau dicontoh, berhasil apa ndak, berprestasi apa ndak. Tetapi pada orang yang berprestasi diteliti, karakternya bagus ndak,” kata editor buku, Bambang Sadono, kepada Cendana News di kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Anak-anak muda contohnya harus yang berprestasi dan berkarakter, lanjut Bambang Sadono, yang pernah menjadi sekretaris jenderal pengurus pusat PWI ini. “Kalau orang sudah berhasil, pasti di situ ada disiplin, ada kerja keras. Pasti ada semua. Nah, kita juga lihat karakternya,” tandas mantan ketua PWI Jateng ini.

Buku ‘100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah’ edisi 2020 telah selesai digarap dan terbitkan oleh penerbit Citra Almamater Baru. Dan, kini Bambang Sadono tengah menyiapkan edisi tokoh Jawa Barat dan Jawa Timur. Selain itu, menurut pengakuannya, juga sedang menyiapkan buku ‘Menumbuhkan Ekonomi Jawa Tengah 7 Persen’ yang dimaksudkan untuk mendorong ekonomi masyarakat Jawa Tengah melalui usaha-usaha yang mulia.

Dengan terbitnya kumpulan profil tokoh kebanggaan Jawa Tengah ini, Bambang Sadono berharap mudah-mudahan para tokoh bisa diposisikan sebagai teladan. “Buku ini sekadar alternatif untuk memberikan semangat. Ada pengalaman yang bisa ditiru, ada kiat menyiasati hidup dan merintis karier,” tuturnya.

Bambang Sadono yang juga sempat menjadi ketua Badan Pengkajian MPR RI 2014-2018, ini mengaku, sudah lama dirinya mengurus penerbitan buku seperti ini. Sebagai wartawan, ia meyakini bahwa dunia ini ditentukan oleh para tokoh, manusia yang diberi kesempatan atau peran lebih dibandingkan yang lain.

“Karena itu saya meyakini bahwa ‘jurnalistik tokoh’ akan menjadi warna jurnalistik pokok segala zaman,” sebut wartawan senior yang juga pernah menjadi wakil rakyat di DPRD Jateng dan Anggota DPD RI ini.

Ada banyak model yang diwakili oleh profil dalam buku ini. Ada pejabat formal seperti menteri, gubernur, anggota DPR, atau bupati/wali kota. Ada tokoh dari dunia usaha, akademisi, seniman, budayawan, ulama, dan aktivis sosial.

Selain soal penerbitan buku tokoh, rupanya Bambang Sadono juga membuat distribusi dan sirkulasi buku agar punya daya jangkau lebih luas dan berdampak jauh lebih signifikan.

Jadi, selain berusaha agar buku bisa dibaca siapa saja yang berminat, juga memfasilitasi penyediaan secara gratis di lingkungan sekolah, perguruan tinggi, perpustakaan umum, di hotel, kafe, dan tempat umum yang lain. Dengan mengajukan permintaan melalui email: penerbitcitra@gmail.com. Tentunya, sepanjang stok buku masih tersedia. (Hid)

Lihat juga...