Vinales Puncaki Tes Pramusim Qatar

Pebalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, menjalani tes pramusim di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, Senin (24/2/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Maverick Vinales, membawa Yamaha sebagai yang tercepat di hari ketiga, yang merupakan hari pamungkas tes pramusim di Qatar, Senin (24/2/2020) waktu setempat.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP itu menjalani 84 putaran, terbanyak dari yang lain. Dia mencetak waktu satu menit 53,858 detik, untuk memuncaki catatan waktu kombinasi secara umum dari tiga hari tes yang berlangsung di Sirkuit Losail di Doha tersebut.

Franco Morbidelli, juga tampil cepat setelah tiga hari, terpaut 0,033 dari Viñales. Sementara catatan waktu rekan satu timnya di Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, bercokol di peringkat tiga meski sang pebalap asal Prancis itu gagal tampil cepat pada Senin (24/2/2020).

Secara keseluruhan tes di Qatar menjadi cukup memuaskan bagi Yamaha. Tiga pebalapnya berada di tempat teratas, kendati Quartararo mengalami masalah teknis pada dua hari terakhir. Kemudian Valentino Rossi terjatuh di tikungan 2 pada hari ketiga. The Doctor tak mengalami cedera dan kembali turun di satu jam terakhir tes hari itu.

Direktur tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Massimo Meregalli merasa puas dengan kemajuan yang mereka dapati. Terutama soal grip dan akselesari, dengan mengatakan jika paket motor M1 2020 sangat kompetitif. Meski bukan yang tercepat, catatan waktu Rossi terpaut 0,474 detik dari rekan satu timnya. Posisi itu menempatkan sang juara dunia sembilan kali asal Italia itu di peringkat ke-12 secara umum. Rossi pun cukup puas, merasa nyaman dengan motor barunya, meski masih harus berbenah dengan penggunaan ban.

Sementara itu, Suzuki juga tampil kuat di tiga hari tes di Qatar, ketika Alex Rins dan Joan Mir membawa GSX-RR memuncaki hari pembuka. Rins menjadi pebalap tercepat setelah tiga Yamaha terdepan, sementara Mir di peringkat keenam setelah Jack Miller dari tim Pramac Racing.

Tugas utama Suzuki pekan ini adalah membuat perbandingan sasis standar dengan yang baru. Tak ada perubahan radikal di motor mereka di saat kedua pebalap menjajal setup yang berbeda untuk mengumpulkan data. Secara umum Yamaha dan Suzuki menjadi tim favorit di Qatar.

Sementara itu, juara bertahan Marc Marquez, menguji motor RC213V spesifiki 2019 dan 2020. Hal itu menunjukan seakan ada keraguan, motor mana yang akan digunakan pada seri pembuka di Qatar pada 8 Maret nanti. (Ant)

Lihat juga...