Warga Majatengah Diimbau Mewaspadai Potensi Longsor

Tim BPBD Banjarnegara meninjau lokasi longsor di Desa Majatengah – Foto Ant

BANJARNEGARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara mengimbau, warga di Desa Majatengah untuk terus mewaspadai potensi bencana longsor.

Imbauan disampaikan, menyusul tingginya curah hujan di wilayah setempat. “Beberapa waktu yang lalu di wilayah ini sempat terjadi bencana longsor dan tanah bergerak, yang mengakibatkan dua rumah mengalami rusak berat. Untuk itu kami mengimbau warga untuk waspada,” kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara, Arief Rahman, di Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020).

BPBD Banjarnegara telah melakukan peninjauan ke lokasi longsor di wilayah Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu. Hal itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan distribusi bantuan logistik bagi warga terdampak longsor. Sementara, berdasarkan prakiraan BMKG curah hujan masih akan tinggi hingga beberapa waktu ke depan. “Karena itu kami mengingatkan warga untuk senantiasa mewaspadai kemungkinan longsor dan tanah bergerak susulan,” tandasnya.

Sementara itu tercatat, longsor telah terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah itu pada Kamis (20/2/2020). Dan tim gabungan disebutnya, telah meminta warga yang rumahnya terdampak bencana untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

Warga disebutnya, diminta segera melaporkan kepada BPBD, apabila menemukan tanda-tanda rekahan tanah di wilayahnya masing-masing. Saat ini BPBD Banjarnegara menyiagakan posko 24 jam, guna mengantisipasi kejadian bencana selama puncak musim hujan. (Ant)

Lihat juga...