Wisata Pulau Pagang Airnya Sebening Kaca

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Wisata Pulau Pagang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memiliki pantai yang begitu indah. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Pulau Pagang ini. Mulai dari benana boat, menyelam, dan bermain pantai pasir yang begitu bersih.

Pulau Pagang yang terletak di dalam bagian Wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan ini, memiliki luas 10 hektare. Pantai di pulau ini memang terkenal dengan kejernihannya. Hal ini yang membuat pulau pagang begitu banyak dikunjungi wisatawan, baik wisata nusantara maupun wisatawan asing.

Untuk sampai ke sini, pengunjung bisa menggunakan sewa kapal dengan biaya per orang hanya Rp75 ribu per orang. Pengunjung bisa mendatangi daerah Sungai Pisang setelah menempuh perjalanan darat dari Kota Padang. Dari Sungai Pisang hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Pagang.

Saat berada di Pulau Pagang, pengunjung tidak hanya disuguhi oleh keindahan pantai saja, tapi di pulau ini terdafat kafe yang menjual segala kebutuhan pengunjung, serta tempat penginapan. Adanya fasilitas ini, karena Pulau Pagang dikelola dengan baik oleh Heru, seorang pengusaha asal Kota Padang.

Heru, pengelola wisata, mengatakan, wisatawan yang datang ke tempat wisata bahari itu, per pekannya bisa mencapai 500 hingga seribu orang. Berbeda di saat libur lebaran dan akhir tahun, penumpang yang datang mencapai satu ribu orang per-hari.

“Kami sangat serius menggarap wisata ini, kenyamanan adalah hal yang paling utama. Apalagi kini BPBD telah membuat Posko Pengamanan laut, sebagai bukti pemerintah turut melindungi wisatawan yang ada di Pulau Pagang,” katanya, Minggu (23/2/2020).

Di Pulau Pagang ini, pengunjung yang datang tidak hanya sekedar menikmati keindahan pantai, dan tenangnya suasana alam. Di sana juga disediakan tempat penginapan, yang cocok untuk keluarga yang ingin menikmati liburan seharian di pulau.

“Saat ini penginapan tengah dalam tahap penyelesaian. Selama ini memang ada yang menginap, tapi hanya menggunakan tenda seperti lagi camping. Untuk tenda itu hanya Rp150 ribu per malam,” ujarnya.

Bagi Heru, hal terpenting untuk mengelola tempat wisata ialah kebersihan dan kenyamanan. Maka di dalam pekarangan Pulau Pagang itu, pengunjung akan disuguhi dengan serba indah. Begitu juga di bagian tepi pantai, kejernihan air itu tidak akan dapat menjumpai sampah.

Salah seorang pengunjung, Wahyu, mengaku bahwa konsep tempat yang ada di Pulau Pagang itu sangat cocok untuk para anak muda zaman sekarang. Pantainya jernih, cocok untuk menyelam sembari berfoto di dalam laut.

Wahyu pengunjung di Pulau Pagang saat menikmati wisata di kawasan pulau bersama sahabatnya, Minggu (23/2/2020)/Foto: M. Noli Hendra

“Saya sangat merekomendasikan pulau ini untuk para kaum muda-mudi, di sini air lautnya begitu jernih dan bersih. Bagus buat foto-foto saat menyelam. Bakalan tidak bosan deh di sini,” sebutnya.

Wahyu mengaku pertama kali saat berada di wisata Pulau Pagang tersebut. Untuk itu, sebuah kesan yang menakjubkan saat baru tiba di dermaga Pulau Pagang. Dimana sangat terlihat jelas ada ikan-ikan kecil yang berkelompok, menyambut tamu yang datang.

Belum lagi kondisi pantai yang landai dan jernih, bakalan membuat setiap pengunjung betah berada di Pulau Pagang. Apalagi pengelola di pulau itu ramah, dan selalu bersedia jika diminta bantuan.

“Saat berada di pantai, kelapa muda adalah hal yang cocok. Saya tinggal minta saja, nanti ada petugas pengelola pantai yang bakal menyajikan kelapa muda, yang baru saja dipetik dari pohon. Pantai indah, air kelapa yang segar, sungguh nikmat berwisata di Pulau Pagang,” ungkapnya.

Namun untuk pengunjung yang ingin datang ke Pulau Pagang diimbau untuk memastikan betul kondisi cuaca. Apabila cuaca lagi tidak bersahabat, disarankan untuk tidak memaksakan diri ke Pulau Pagang, karena sangat berisiko saat berada di laut dalam kondisi cauca yang buruk.

Lihat juga...