Wujudkan Sekolah Ramah Lingkungan, Pelajar Asyafiyah Tanam Pohon

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Relawan Samatri, bersama pelajar Sekolah MI-SMP Asyafiyah, Jatisari, Kota Bekasi melaksanakan giat tanam pohon memanfaatkan lahan kosong di sekitar sekolah.

Gerakan penghijauan tersebut digagas relawan Samatri dengan didukung Kepala Sekolah Asyafiyah dalam rangka menanamkan cinta lingkungan sejak dini.

“Lingkungan strategis jadi salah satu pendukung terlaksananya pendidikan kondusif. Kita ajak pelajar Asyafiyah dan gurunya pun mau mengerahkan murid untuk turun ikut menanam,” ungkap Kang Maman, kepada Cendana News, Rabu (26/2/2020).

Dikatakan, guna menciptakan kondisi lingkungan yang baik diperlukan perhatian dan kepedulian semua elemen yang ada mulai dari pimpinan, guru, siswa dan masyarakat sebagai pendukung pendidikan tersebut.

Menurutnya semua bertanggung jawab menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi terlaksananya pendidikan yang baik. Di samping lembaga pendidikan, faktor lingkungan jadi salah satu penentu.

Sementara Kepala Sekolah Asyafiyah, Nunung Maliah, menyambut antusias program penanam pohon tersebut dan meminta semua pelajar ikut menanam.

“Inilah fungsi dan peran dari penddikan mengingat pendidikan adalah proses pembentukan perilaku manusia,” papar Marliah.

Melalui gerakan cinta lingkungan sekolahnya ingin menggalakkan penghijauan. Misalnya, para siswa diberi tugas untuk membawa tanaman ke sekolah. Ini sebuah langkah yang perlu dipuji.

Dia mengatakan lingkungan dan pendidikan adalah dua hal yang saling berkaitan. Pendidikan tentang lingkungan saatnya pada hal-hal yang praktis. Bukan hanya sebatas  teori.

Sekolah sebagai lingkungan pendidikan dan pendidikan akan lingkungan sangat berpotensi memberi peran langsung dalam penanaman kecintaan peserta didik akan lestarinya lingkungan hidup.

Dia berpendapat bahwa lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan proses belajar yang nyaman. Lingkungan sekolah yang kondusif akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas pendidikan.

“Diperlukan upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara pelestarian tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan dan tata lingkungan secara terencana,”ungkapnya.

Marliah berharap relawan Samatri terus menularkan ke sekolah lain akan pentingnya menjaga lingkungan sejak dini  agar dapat menjadikan sekolah yang aman dan nyaman untuk seluruh warga sekolah.

Lihat juga...