Balita Berkebun Mekarsari, Targetkan Anak Sehat dan Berpengetahuan

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Mendorong anak-anak untuk mencintai tanaman sejak kecil, merupakan salah satu tujuan Taman Buah Mekarsari saat mengusung program Balita Berkebun. Selain itu, diharapkan anak juga menjadi lebih sehat dan membangun sisi pengetahuan mereka sejak kecil. 

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, menyatakan di bulan Maret ini Taman Buah Mekarsari mengadakan program Balita Berkebun.

“Kita tujukan untuk pengunjung reguler. Jadi tidak perlu dalam grup. Saat mereka membeli tiket di gerbang, mereka bisa membeli tiket Balita Berkebun untuk anaknya,” kata Firman saat ditemui di Area d’Farm Taman Buah Mekarsari, Bogor, Minggu (15/3/2020).

Ia menyampaikan kegiatan ini memberikan kesempatan pada anak Balita untuk melakukan penanaman tanaman dan hasilnya bisa dibawa pulang.

“Satu orang juga boleh. Jadi ibunya beli tiket reguler, anaknya beli tiket Balita Berkebun. Nanti akan kita bawa ke area sayuran di Pertanian Terpadu. Seperti cabe dan tomat,” ujarnya.

Firman menjelaskan pemilihan sayuran sebagai tanaman untuk program Balita Berkebun adalah karena tanaman ini termasuk gampang untuk ditanam dan tidak cepat layu.

“Kalau orang tua mau ikut juga, artinya ikutan beli tiket Balita Berkebun juga. Harganya Rp50 ribu, sudah termasuk harga tiket masuk. Tiket ini akan memberikan satu tanaman untuk satu anak,” paparnya.

Proses penanaman dan edukasi, lanjut Firman, hanya sekitar 20 menit. Dan setelah itu, tanaman bisa dibawa pulang dan perawatan bisa dilanjutkan di rumah.

“Dengan program Balita Berkebun ini, kita mencoba mengajak anak-anak untuk terbiasa bersentuhan langsung dengan alam. Kita mau mengajak anak-anak, untuk merasakan bahwa bermain di alam juga menyenangkan. Jadi mereka tidak hanya terpaku pada gadget,” urainya.

Selain itu, dengan memberikan edukasi dalam bahasa yang dimengerti oleh anak seusai tersebut, sama saja dengan mendorong sisi pengetahuan mereka untuk berkembang sejak dini.

“Beberapa literatur juga menyebutkan bahwa bermain di ruang terbuka hijau, bersentuhan dengan tanah, bisa membantu sistem kekebalan tubuh anak. Sehingga bisa dapat keuntungan berlipat kan, bisa fun, sehat dan dapat edukasi,” ujarnya lebih lanjut.

Firman juga menyatakan, berkebun juga disebutkan sebagai salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres.

“Dengan cara sederhana, bisa mendapatkan banyak manfaat. Jadi menurut saya, mengikuti program ini bisa mendatangkan banyak manfaat. Belum dengan ditambahkan, melatih anak untuk bertanggung jawab pada tanaman yang dibawanya pulang,” pungkasnya.

Lihat juga...