Bekasi Membumikan Pancasila, Revitalisasi dan Aktualisasi Falsafah Negara

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Rahmat Effendi, memimpin langsung deklarasi membumikan Pancasila di tanah Patriot dilaksanakan di GOR Chandrabaga Jalan A. Yani, Selasa (3/3/2020).

“Membumikan Pancasila, menurut pemahaman saya, adalah kepentingan revitalisasi dan aktualiasi nilai Pancasila. Kita harus meyakini sang pencipta, menentukan kepastian keberkahan hasil dalam hidup kita,” ungkap Rahmat Effendi.

Dikatakan bahwa Kota Bekasi sebagai wilayah yang menjunjung perbedaan dengan warga heterogen, plural. Untuk itu dia berpesan terus memupuk rasa toleran, saling menghormati satu sama lain.

“Jangan lagi pertentangkan suku, agama yang sudah diatur dalam aturan perundang-undangan,” tukasnya.

Oleh karena itu, dia berharap deklarasi membumikan Pancasila tidak hanya sebagai kegiatan seremoni. Tetapi bagaimana nilai dasar falsafah Pancasila tetap eksis di bumi para pejuang tersebut.

Deklarasi membumikan Pancasila diisi dengan kegiatan tari dari kalangan pelajar SD, SMP. Bahkan seluruh ASN yang hadir terlihat mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah Indonesia.

Terlihat hadir, seperti Kepala Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudian Wahyudi, Anggota DPR RI, Sukur Nababan, Ketua Tim Revitalisasi dan Aktualisasi Ideologi Pancasila Kota Bekasi, Abdul Manan dan segenap  Forkopimda yang turut menyaksikan seni tari dari Kota Bekasi yang bercampur nuansa Nusantara.

Ketua BPIP mengapresiasi kegiatan membumikan Pancasila di tengah kemajemukan warga Bekasi. Menurutnya Kota Bekasi merupakan wujud dari Bhineka Tunggal Ika.

Dia menegaskan bahwa Indonesia harus tetap mempertahankan ideologi Pancasila sebagai bahan landasan Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena NKRI adalah harga mati.

“Tidak ada yang bisa memecah bangsa kita, kita perkuat di setiap wilayah seperti Kota Bekasi yang telah mengadakan acara ini dengan berpakaian adat Nusantara,” tukasnya.

Anggota DPR RI, Sukur H Nababan, ikut menghadiri deklarasi tersebut mengatakan, membumikan Pancasila adalah tugas bersama sebagai anak bangsa.

Karena menurutnya, Kota Bekasi adalah rumah bersama yang mengedepankan pluralisme dan toleransi.

“Seluruh rakyat Indonesia harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalam setiap silanya,” kata Sukur.

Dia menegaskan setiap warga negara punya hak dalam menjalankan ibadahnya sesuai keyakinannya dan wajib mengutamakan persatuan, sehingga dapat tercipta kedamaian, menjadikan seluruh rakyat Indonesia makmur sentosa.

Lihat juga...