Berjualan di Warung Damandiri, Omzet Usaha Nurul Meningkat

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Warga Desa Tamanmartani Kalasan Sleman mengaku merasakan betul manfaat program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dijalankan Koperasi Tamanmartani Sejahtera sejak tahun 2017 silam.

Meski telah berjalan selama 3 tahun, keberadaan program yang digagas Yayasan Damandiri itu terbukti bisa terus memberikan dampak positif bagi masyarakat hingga saat ini.

Salah satu manfaat yang secara nyata dirasakan warga adalah terbukanya lapangan kerja serta peluang usaha baru di masyarakat. Hal itu sejalan dengan semakin maju dan berkembangnya unit-unit usaha yang dijalankan koperasi seperti Kampung Homestay dan Warung Cafe Damandiri.

Salah seorang pelaku usaha di bidang kuliner asal Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani, Nurul. -Foto: Jatmika H Kusmargana

Nurul, warga Dusun Karangmojo, Tamanmartani, mengaku beruntung menjadi bagian program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Sejak sebulan terakhir, ia mendapat kesempatan bermitra dengan unit usaha koperasi Warung Cafe Damandiri. Pelaku usaha di bidang kuliner ini, diberikan tempat, pinjaman modal usaha hingga bantuan sarana-prasarana berupa gerobak untuk menjalankan usaha.

“Sejak sebulan terakhir ini saya mulai berjualan empek-empek, soto dan mie ayam di Warung Damandiri ini. Sebelumnya saya hanya berjualan di rumah. Alhamdulillah sekali, sejak berjualan di sini usaha saya semakin ramai,” katanya Rabu (25/03/2020).

Nurul mengatakan setelah bermitra dengan Unit Usaha Warung Damandiri, omzet penjualannya naik hingga 50 persen dari biasanya. Hal itu tak lepas karena lokasi Warung Damandiri yang lebih strategis serta telah memiliki pasar tetap yakni wisatawan maupun pengunjung homestay. 

“Saat berjualan di rumah dulu omzet sehari paling kurang dari Rp100 ribu. Tapi semenjak berlokasi di warung Damandiri ini, omzet bisa baik hingga Rp150ribu per hari. Lumayan meski baru buka 1 bulan lalu. Mudah-mudahan ke depan semakin ramai,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Warung Cafe Damandiri merupakan salah satu unit usaha Koperasi Tamanmartani Sejahtera. Selain untuk menumbuhkan ekonomi warga sekitar, warung yang dibangun Yayasan Damandiri juga difungsikan sebagai wadah bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya.

Saat ini tercatat telah ada 4 pelaku usaha yang diwadahi dan dibina Warung Cafe Damandiri Tamanmartani. Seluruh warga yang terlibat merupakan pelaku UKM yang bergerak di bidang kuliner sesuai dengan jenis usaha Warung Cafe Damandiri. Pelibatan pelaku usah ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga Desa Tamanmartani.

Lihat juga...