Bumbu Ulek Jadi Kunci Kelezatan Seblak Teh Erna

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Beragam varian toping atau isi, mulai dari krupuk basah, telur, daging ayam, hingga daging sapi, dipadukan dengan kuah asem pedas, menjadikan seblak sebagai salah satu kuliner yang paling diburu penggemar makanan bercita rasa pedas.

Ada banyak warung seblak yang menawarkan berbagai toping menarik. Salah satunya,  Seblak Teh Erna. Tidak tanggung-tanggung, total ada 23 varian menu dan 18 toping seblak yang bisa dipilih.

Tercatat, Seblak Teh Erna kini sudah ada 6 cabang mulai dari Banjir Kanal, Tlogosari, Unnes Gunungpati hingga kawasan Bandungan Kabupaten Semarang. Selain banyak varian menu Seblak yang bisa di mix, Seblak Teh Erna juga ada level pedas hingga level 4, cocok bagi penggemar makanan pedas.

Namun tidak usah khawatir, jika tidak terlalu suka pedas, pengunjung juga bisa memilih seblak tidak pedas. Secara tampilan seblak non pedas ini mirip sup, tapi bercita rasa rempah yang mantap di lidah.

“Ada macam-macam seblak, paling umum seblak ceker atau cireng, harga mulai Rp 10 ribu. Selain itu, ada nenu seblak mix 2 kombinasi dua toping, misalnya ceker  dan cireng,  ceker ditambah krupuk atau ceker siomay, hingga paling mahal seblak  mix 4A++ yakni ceker, cireng, krupuk , siomay  dan telur, Rp 23 ribu,” papar Lilies, pegawai Seblak Teh Erna saat ditemui di warung tersebut, Jalan Pusponjolo Selatan Ruko Bojong Salaman Semarang, Sabtu (21/3/2020).

Salah seorang pegawai Seblak Teh Erna, Lilies, saat menyajikan pesanan seblak di cabang Jalan Pusponjolo Selatan Ruko Bojong Salaman Semarang, Sabtu (21/3/2020). -Foto Arixc Ardana

Dijelaskan, cita rasa seblak tersebut selalu terjaga meski di cabang manapun, karena semua bumbu dan bahan dipasok dari satu pintu.

“Semua bumbu selalu dijaga kualitasnya, termasuk dalam memilih bahan pembuatan seblak. Selain itu, Teh Erna juga masih menggunakan teknik ulek dalam meramu bumbunya, terangnya.

Lilies menuturkan, untuk harga relatif terjangkau, namun memiliki banyak keunggulan. mulai dari cita rasa, kualitas bahan hingga buka 24 jam, khusus untuk cabang Puponjolo.

“Kalau menu yang paling sering dicari, hampir semua menu, namun rata-rata suka seblak ceker, cireng, krupuk, telur dan siomay,” tandasnya.

Sementara salah seorang pengunjung, Agus Mulyanto menuturkan, dirinya memang suka makanan bercita rasa pedas, dan seblak menjadi salah satu menu favoritnya.

“Rasanya pedas segar, dengan bermacam-macam toping atau isi. Apalagi disini ada banyak toping yang bisa dipilih. Level pedasnya pun bisa di-request, jadi cocok,”terangnya.

Pegawai swasta tersebut mengaku seminggu sekali bisa berkunjung ke warung tersebut, atau pesan melalui layanan ojek online. “Paling suka seblak mix, cireng, siomay, telur. Rasanya pas, pedasnya pas, jadi nikmat saat disantap,”pungkasnya.

Lihat juga...