Bupati Banyumas Ingatkan Pejabat Lebih Kreatif-Inovatif

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengingat para pejabat untuk tidak hanya suka melakukan dinas luar (DL), tetapi sebaliknya lebih fokus melakukan inovasi dan menyelesaikan semua permasalahan.

“Pejabat sekarang dituntut untuk lebih kreatif, berinovasi serta bisa menyelesaikan permasalahan di masyarakat, seperti sampah, kemiskinan dan lain-lain. Jangan hanya suka melakukan dinas luar kota saja yang menghabiskan anggaran,” pesan Bupati, saat melantik 3 pejabat eselon II, 19 jabatan eselon III dan 6 jabatan eselon IV di Pendopo Sipanji, Jumat (6/3/2020).

Husein juga meminta agar konsolidasi antarinstansi dan dinas diperkuat, sehingga saling bersinergi dalam bekerja. Pejabat di Banyumas juga diminta untuk cerdas dalam berpikir dan cepat dalam bertindak.

“Seluruh pejabat harus menjadi team work yang solid, sehingga bisa menyelesaikan semua persoalan serta keluhan di masyarakat,” tegasnya.

Bupati menyebut, saat ini Banyumas sedang fokus untuk meningkatkan investasi yang masuk, sehingga seluruh jajaran pejabat diminta untuk melakukan inovasi, supaya ruang investasi terbuka lebar. Namun dengan catatan investasi tersebut harus menguntungkan rakyat, dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Misalnya, terbukanya lapangan kerja, membuka peluang usaha untuk UMKM dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan, pelantikan pejabat ini untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepala Bakesbangpol dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Banyumas.

Bupati memastikan, proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator maupun jabatan pengawas ini berjalan sesuai aturan serta etika birokrasi.

“Bekerjalah secara total, loyal dan profesional, sehingga bisa memberikan kontribusi terbaik bagi organisasi, masyarakat dan pemerintah daerah. Jangan hanya senang menikmati fasilitas, tapi kerja tidak berkualitas dan jangan hanya rajin melakukan perjalanan dinas, sehingga melupakan tugas. Karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banyumas, Ahmad Supartono, mengatakan tiga pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah Kepala BPBD, yaitu Titik Puji Astuti yang semula menjabat sebagai kepala Bagian Organisasi, kemudian Kepala Bakesbangpol, Setia Rahendra semula sebagai Sekretaris Bakesbangpol dan Kepala BKAD Agus Raharjo, yang  semula sebagai sekretaris Dinkominfo. Kemudian 2 Camat, yaitu Camat Lumbir Dwi Nur Wijayanto, semula kabid Bina Pemeritahan Desa Dinsospermades dan Camat Puwojati Dian Budiarto, yang semula sekcam Purwokerto Utara.

Lihat juga...