Capaian ODF di Jambi Baru 49,41 Persen

Wali Kota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha, mengukuhkan forum kota sehat – Foto Ant

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi mencatat, hingga saat ini capaian Open Defecation Free (ODF) atau membuang air besar secara sembarangan baru di angkat 49,41 persen.

Dengan kondisi tersebut, ditahun ini ditargetkan warga Kota Jambi sudah 100 persen tidak melakukan ODF. “Saya tekankan kepada camat, lurah dan semua instansi terkait agar di akhir tahun 2020 ini capai-an ODF sudah 100 persen,” kata Wali Kota Jambi, Syarif Fasha di Jambi, Rabu (11/3/2020).

Kegiatan ODF dilakukan beberapa titik lokasi di Sungai Batanghari, maupun di danau yang masih terdapat fasilitas toilet apung. Pemkot Jambi telah menginstruksikan kepada camat dan lurah, serta Puskesmas terdekat untuk memberikan pembinaan dan sosialisasi terkait aktivitas ODF tersebut.

Seluruh camat dan lurah diinstruksikan untuk mendata masyarakat yang belum memiliki WC komunal. Masyarakat yang belum memiliki WC atau jamban komunal, akan dibuatkan oleh pemerintah. Harapannya, masyarakat tidak lagi memanfaatkan toilet apung yang berada di Sungai Batanghari. “Bagi masyarakat yang tidak memiliki toilet permanen akan dibuatkan WC komunal, gratis,” kata Syarif Fasha.

Fasha berharap di Kota Jambi tidak lagi terdapat ODF, dan masyarakat dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga segala bentuk penyakit, baik yang menular maupun tidak menular dapat di tekan.

Target 100 persen ODF tersebut bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah, posisi Syarif Fasha yang merupakan Ketua Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Apoksi) Indonesia. Jika Kota Jambi ODF-nya belum mencapai 100 persen maka disebutnya, akan membuat malu wali kota sebagai Ketua Apoksi. “Saya minta semua komponen masyarakat, perangkat pemerintah agar dapat melaksanakan instruksi ini, sehingga akhir tahun 2020 ini Kota Jambi 100 persen ODF,” kata Syarif Fasha. (Ant)

Lihat juga...