Cegah Covid-19, Anjungan DKI di TMII Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Petugas berpakaian orange terlihat melakukan penyemprotan disinfektan di area Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Penyemprotan ini dilakukan pihak anjungan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 yang kian merebak. Antisipasi dengan penyemprotan dilakukan setelah ditutupnya Anjungan DKI Jakarta, pada Sabtu (14/3/2020).

Di mana anjungan ini merupakan salah satu sarana wisata yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dan sesuai instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, anjungan ini masuk daftar sarana wisata yang ditutup.

Di gerbang pintu masuk terpasang spanduk pengumuman Jakarta Tanggap Covid-19, mulai tanggal 14 Maret sampai 14 hari ke depan, Anjungan DKI Jakarta dan Sangkrini ditutup sementara.

“Anjungan tutup sesuai instruksi gubernur, selama 14 hari ke depan mulai dari tanggal l 14 maret kemarin. Penutupan ini untuk antisipasi penyebaran Covid-19,” kata Kepala Unit Peengelola Anjungan DKI Jakarta dan Graha Wisata TMII, Yayan Kustiawan kepada Cendana News saat ditemui di Anjungan DKI Jakarta TMII, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Kepala Unit Pengelola Anjungan DKI Jakarta dan Graha Wisata TMII, Yayan Kustiawan kepada Cendana News saat ditemui di Anjungan DKI Jakarta TMII, Jakarta, Minggu (15/3/2020). -Foto: Sri Sugiarti

Dalam penututupan, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan di area anjungan. Penyemprotan ini dilakukan selama 4 hari ke depan, dimulai pada hari Minggu (15/3/2020) ini.

Selain penyemprotan, juga ada gerakan bersih-bersih, yakni dengan mengelap kaca, meja, gagang pintu, maupun benda yang dipamerkan yang biasa dipegang pengunjung.

“Gerakan bersih-bersih ini menggunakan alkohol 77 persen. Itu salah satu cairan infektan juga, ya biar kuman-kumannya mati,” ujar Yayan.

Selain itu, di setiap sudut area anjungan juga disediakan sabun antiseptik untuk mencuci tangan.

Selain Anjungan DKI Jakarta, juga Graha Wisata dan Sangkrini Jaya juga ditutup. Ketiga sarana yang dikelola Pemprov DKI Jakarta ini berada di kawasan TMII.

“Kita juga selain anjungan ini, untuk yang di bawah Unit Pengelola Pemprov DKI Jakarta, itu ada Graha Wisata TMII,  Sangkrini Jaya dan Kebun Binatang Ragunan. Semua lokasi kita tutup, sesuai instruksi gubernur,” ujarnya.

Gedung Sangkrini Jaya terletak di dekat pintu dua TMII, sedangkan Graha Wisata TMII berada di belakang Snow Bay. 

Menurutnya, di ketiga sarana wisata, yaitu anjungan, Sangkrini dan Graha Wisata dilakukan penyemprotan dan gerakan bersih-bersih. Upaya yang dilakukan di tiga titik sarana wisata tersebut, diharapkan dapat mengurangi penyebaran Covid-19.

Karena menurutnya, meskipun untuk laporan kasus yang berkunjung ke sini tidak ada. Namun pihaknya tetap mengantisipasi jangan sampai ada pengunjung ataupun masyarakat yang berkunjung ke sini, itu di kemudian hari terkena wabah virus ini.

“Ya jadi selama tutup, anjungan, Graha Wisata dan Sangkrini kita sterilkan,” ujarnya.

Terkait agenda acara, menurutnya, semua kegiatan budaya yang sudah terjadwal selama dua pekan ke depan ditunda dulu. Ini juga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Dan meskipun steril dari pengunjung, tapi aktivitas karyawan anjungan berjalan lancar. “Karyawan tidak libur tetap masuk. Libur pun sesuai jadwal liburnya mereka,” ujarnya.

Pihak anjungan juga melakukan pengukuran suhu tubuh bagi setiap karyawannya. “Jadi sebelum masuk ruangan, mereka diukur suhu tubuhnya dulu. Kalau lebih dari 38 derajat celsius, kita arahkan ke klinik TMII untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tukas Yayan.

Setelah dua pekan ditutup, pihaknya masih menunggu arahan atau instruksi gubernur, selanjutnya. “Apakah dilanjutkan untuk ditutup atau tidak. Artinya dibuka kembali tetap berdasarkan instruksi gubernur,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan telah mengumumkan untuk menutup seluruh tempat wisata milik Pemprov DKI selama dua pekan.

Diantaranya, Kawasan Kota Tua, Ancol, Kebun Binatang Ragunan, Monumen Nasional (Monas), Anjungan DKI Jakarta di TMII, Setu Babakan, Planetarium Taman Ismail Marzuki, Museum Bahari, Rumah Si Pitung, Taman Arkeologi Onrust, Museum Sejarah Jakarta, Muse Wayang, Museum Joeng 45, Museum Tekstil, Museum Prasasti, Muse HM Thamrin, Museum Seni Rupa dan Keramik.

Lihat juga...