Cegah Covid-19, Nirwana Stable Disemprot Disinfektan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Seiring dengan penyebaran virus corona, sejumlah obyek wisata di Semarang, memilih tutup sementara. Namun meski sudah tidak menerima pengunjung, mereka tetap memperhatikan faktor kesehatan dari penularan corona.

Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan, di seluruh area wisata. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini juga dilakukan Nirnawa Stables, yang selama ini dikenal sebagai obyek wisata berkuda.

Penyemprotan dilakukan di seluruh area. Mulai dari area jalan, ruangan bangunan, mess pegawai hingga kandang kuda. Selain dilakukan secara mandiri, penyemprotan disinfektan tersebut juga dilakukan dari pihak Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Semarang.

“Ketika virus corona mulai menyebar, manajemen memutuskan untuk menutup sementara usaha mulai 16 Maret 2020 lalu. Hal tersebut kita putuskan karena kepedulian kita terhadap kesehatan pengunjung, selain itu juga banyak kegiatan yang cancel atau ditunda, karena khawatir terpapar virus corona,” papar Marketing dan Promosi Nirwana Stable, Syaiful, Minggu (29/3/2020).

Marketing dan Promosi Nirwana Stable, Syaiful, mengakui tempat usaha terutama pariwisata, menjadi sektor yang terdampak paling luas virus corona, sebab usaha tersebut, hidup dari kunjungan wisatawan atau masyarakat, ditemui di obyek wisata tersebut, Minggu (29/3/2020). Foto: Arixc Ardana

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengikuti imbauan dari pemerintah, termasuk dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, hingga imbauan Kapolri tentang tidak melakukan keramaian atau berkumpul.

Syaiful menambahkan, meski tertutup sementara untuk umum, namun perawatan untuk kuda-kuda tetap dilakukan oleh para pekerja.

Pihaknya mengakui dengan adanya pandemi corona, tempat usaha terutama pariwisata menjadi sektor yang terdampak paling luas. Sebab usaha tersebut, hidup dari kunjungan wisatawan atau masyarakat.

“Mudah-mudahan pandemi ini bisa segera berakhir, kita juga bisa beraktivitas kembali secara normal. Pengunjung kembali datang,” terangnya.

Mengenai keputusan untuk buka dan beraktivitas seperti sedia kala, pihaknya akan menunggu keputusan dari pemerintah.

“Kita tunggu keputusan dari pemerintah. Jika sudah diperbolehkan, tentu kita segera buka,” tandas Syaiful.

Sementara, perwakilan Kelurahan Purwosari, Juanedi, menuturkan untuk antispasi penyebaran wabah corona, Pemkot Semarang melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai wilayah. Termasuk salah satunya di obyek wisata yang ada, secara bertahap.

“Ini menjadi upaya dari Pemkot Semarang, untuk meminimalisir penyebaran virus corona, dengan melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, rumah ibadah, hingga obyek wisata, karena selama ini banyak dikunjungi,” tandasnya.

Untuk diketahui, Nirwana Stable yang terletak di desa Purwosari Mijen Semarang, merupakan obyek wisata berkuda, yang menawarkan beragam aktivitas bagi pengunjunng.

Bagi penggemar olahraga berkuda, atau ingin belajar tentang tata cara menunggang kuda, Nirwana Stable juga menyediakan fasilitas tersebut.

Lihat juga...