Cegah Penyebaran Corona, Kampus Udinus Kembali Disemprot Disinfektan

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Meminimalisir penyebaran Covid-19, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali melakukan sterilasi seluruh gedung dan fasilitas kampus, dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Penyemprotan yang dilakukan secara mandiri oleh tim dari Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus tesebut, menjadi agenda wajib setiap minggu, sejak meluasnya peredaran virus corona.

“Penyemprotan dilakukan setiap satu minggu sekali, dengan melibatkan tim dari FKes Udinus. Penyemprotan disinfektan secara mandiri dilakukan di seluruh area kampus, mulai dari ruang pimpinan, ruang rapat, ruang kelas, masjid kampus, hingga kantin. Termasuk lingkungan sekitar juga kita semprot dengan disinfektan,” papar Kepala Biro Umum Udinus, Sarju disela kegiatan penyemprotran di kampus tersebut, Rabu (25/3/2020).

Kepala Biro Umum Udinus, Sarju disela kegiatan penyemprotan di kampus tersebut, Rabu (25/3/2020). -Foto Arixc Ardana

Dijelaskan, meski melakukan secara mandiri, namun pihaknya memastikan standar dan mutu cairan disenfektan yang digunakan, sehingga mampu membunuh virus corona.

“Bahan-bahan untuk penyemprotan disinfektan kami beli sendiri, dan pencampurannya kami juga lakukan sendiri, namun disesuaikan dengan arahan dan standar Dinas Kesehatan Kota Semarang. Jadi bisa dipastikan kualitas disinfektannya sesuai dengan standar mutu,” tandasnya lagi.

Tak hanya penyemprotan saja, Udinus juga disediakan wastafel portable dan hand sanitizer di setiap pintu masuk gedung di seluruh Udinus.

Sementara, Kepala Humas Udinus Nining Sekar menambahkan, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh civitas akademik, untuk terus melakukan sosial distancing, termasuk menghindari kerumunan, sesuai anjuran pemerintah.

“sesuai surat edaran Rektor No.020/B.21/UDN-01/III/2020, sudah diterbitkan dan telah disebarluaskan kepada para sivitas akademik Udinus, kita meminta seluruh keluarga besar Udinus untuk mematuhinya,” paparnya.

Dalam edaran tersebut, Udinus menerapkan sistem perkuliahan dengan model pembelajaran daring mulai diterapkan, pada Senin (16/3/2020) lalu, sebagai upaya mengurangi tatap muka di kelas agar seluruh sivitas akademika Udinus terhindar dari Covid-19. Sistem tersebut menggunakan berbagai sarana satu diantaranya melibatkan TV Kampus Udinus (TVKU).

“Kita juga ingatkan kembali kepada para mahasiswa maupun dosen, agar tak memanfaatkan waktu Study From Home (SFH), maupun Work From Home (WFH) untuk berpergian ataupun berwisata. Tetap tinggal dirumah, atau di kostan masing-masing,” pungkasnya.

Lihat juga...