Daop 8 Surabaya Pastikan Penumpang yang Turun Disterilisasi

Bilik disinfektan yang disiapkan di sejumlah stasiun Daop 8 Surabaya, sebagai pencegahan penyebaran COVID-19 – Foto Ant

SURABAYA – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya memastikan, setiap penumpang yang turun di stasiun wilayahnya disterilisasi. Prosesnya memanfaatkan bilik disinfektan yang telah disiapkan.

Hal tersebut terpantau sudah diberlakukan untuk penumpang yang baru saja tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya dari Jakarta, Minggu (29/3/2020). “Kami pastikan setiap penumpang yang turun disterilisasi, bahkan sebelum naik KA mereka juga diperiksa di stasiun awal Jakarta,” kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Minggu (29/3/2020).

Ia mengatakan, pemeriksaan awal di stasiun Jakarta dilakukan dengan menempatkan petugas khusus. Pemeriksaan meliputi pengecekan suhu badan. Jika pada saat pengecekan, suhu badannya mencapai 38 derajat celcius atau lebih, maka calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan menggunakan KA. “PT KAI akan mengembalikan penuh biaya tiket atau 100 persen diluar bea pesan. Apabila penumpang itu batal naik karena suhu badannya tinggi,” jelasnya.

Daop 8 Surabaya juga selalu memastikan kebersihan kereta, dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior KA, salah satunya dengan mengunakan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus. Suprapto mengakui, meski beberapa jadwal KA dari dan menuju Jakarta di batalkan, namun ada beberapa jadwal yang masih berlaku.

Namun demikian, dari segi jumlah penumpang yang diangkut dari Jakarta saat ini sudah jauh menurun. “Dari kemarin, jumlah penumpang yang berasal dari Jakarta dan turun di wilayah Daop 8 Surabaya sudah sangat sedikit, berada di kisaran 8.000 penumpang, dibanding hari biasanya sekitar 30.000 lebih,” ungkapnya.

Ia mengaku, masih adanya penumpang yang berasal dari Jakarta turun di stasiun Daop 8 Surabaya, dikarenakan ada beberapa jadwal KA yang belum dibatalkan. Saat ini masih proses pengurangan jadwal secara bertahap. (Ant)

Lihat juga...