Di Pandeglang, Peternak Domba Kembangkan Biogas

Peternak domba di Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang mengembangkan biogas dari kotoran ternak sehingga masyarakat dapat menggunakan untuk kebutuhan memasak yang ramah lingkungan – Foto Ant

PANDEGLANG – Peternak domba di Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, mengembangkan biogas dari kotoran ternaknya.

Upaya tersebut sukses membuat masyarakat bisa memenuhi kebutuhan memasak secara ramah lingkungan. “Kami berharap dengan biogas itu nantinya masyarakat setempat tidak menggunakan kayu bakar lagi,” kata Ketua Kelompok Peternakan Kampung Domba Cinyurup Pandeglang, Muhamad Utin, Rabu (18/3/2020).

Pemanfataan limbah kotoran ternak domba dan kambing memnafaatkan degester biogas. Dengan cara tersebut, untuk keperluan memasak, warga tidak perlu lagi menggunakan kayu bakar. Selama ini, untuk mendapatkan kayu bakar, warga harus mencari ke kawasan hutan. Bahkan hingga melakukan penebangan pohon, yang berpotensi menimbulkan kerusakan hutan.

Pengembangan biogas dari kotoran ternak domba sangat ramah lingkungan tersebut diyakini dapat mendorong upaya untuk melestarikan hutan dan alam. Teknologi biogas dapat dijadikan observasi, atau pembelajaran bagi masyarakat maupun pelajar serta wisatawan.

Kampung Domba Cinyurup Pandeglang, berada di kaki Gunung Karang. Saat ini menjadi destinasi wisata dengan panorama alamnya yang indah dan sejuk. Setiap akhir pekan, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kampung Domba Cinyurup. “Kami yakin kotoran domba dan kambing diolah menjadi biogas sehingga dapat menyalakan kompor di dapur-dapur warga,” tandas Utin.

Pemanfataan biogas menjadi sumber energi, selain lebih cepat juga menghemat biaya, jika dibandingkan dengan mengkonsumsi tabung gas elpiji Pertamina. Biogas dialirkan dengan menggunakan pipa ke dapur masyarakat.

Saat ini, populasi domba dan kambing di Kampung Domba Cinyurup mencapai 2.500 ekor. Selain untuk biogas, kotoran ternak bisa dijadikan pupuk cair yang dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan kolam ikan. Bahkan penyuburan lahan pertanian dan pertumbuhan ikan menjadi lebih bagus, bila dibandingkan menggunakan pupuk bahan kimia. “Kami mengembangkan biogas itu bekerja sama dengan Bank Indonesia,” katanya.

Selama ini, Kampung Domba Cinyurup Pandeglang menjadikan kawasan peternakan domba dan kambing hingga populasinya ribuan ekor. Mereka peternak membudidayakan peternakan domba dan kambing, untuk dijadikan andalan pendapatan ekonomi petani setempat. (Ant)

Lihat juga...