Es Cendol Bandung Minuman Favorit Sejuta Umat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari lagi, tentu banyak yang sudah mempersiapkan kreasi menu dari sekarang untuk menu buka puasa dan sahur. Tapi kreasi biasanya untuk menu buka puasa tak terlewatkan dari menu menyegarkan.

Cendana News mencoba melusuri sajian menu es cendol Bandung yang dikenal juga sebagai minuman favorit sejuta umat. Apalagi di saat berbuka puasa nanti. Di kota Bekasi, es cendol Bandung dijual di berbagai sudut dan varian dari rasa orisinal, nangka, dan durian.

Tapi yang banyak dijumpai adalah rasa durian untuk di wilayah kota Bekasi, karena durian juga menjadi buah favorit semua kalangan. Sehingga es cendol durian pun menjadi buruan, apalagi saat siang di tengah terik matahari.

“Lumayanlah omzetnya Mas, meskipun sekarang lagi sepi, tapi ada saja pesanan lewat go send atau warga yang kebetulan melintas membeli es cendol durian,” ujar Fahri, penjual es cendol durian yang mangkal di Jalan Wibukti, Kota Bekasi, Sabtu (28/3/2020).

Fahri penjual es cendol Bandung, mengaku, sejak merebak virus wabah Corona penjualannya menurun drastis, Sabtu (28/3/2020) – Foto: Muhammad Amin

Menurutnya, menjelang puasa akan lebih banyak lagi pesanan. Sehingga dia mengaku meskipun sepi tetap membuka, agar tetap dikenal warga. Imbas wabah Corona menurutnya cukup dirasakan pedagang kecil terutama pedagang pengkolan dan makanan.

Namun demikian dia tetap optimis es cendol sebagai minuman favorit, disukai banyak orang. Pasti tetap dicari.

“Mau bagaimana lagi, omzet memang menurun dari biasanya, tapi tentunya harus tetap jualan meskipun hasilnya tidak seperti biasa,” ujar Fahri.

Dia mengakui es cendol durian khas Bandung, tetap ada meskipun tidak lagi musim durian. Karena durian yang disiapkan jenis khusus. Kapan pun pasti ada yang suplai langsung.

“Durian ada terus, pasti ada nggak pernah nggak ada, meskipun lagi tidak musim durian. Maka kami berani jual es cendol durian,” jelasnya.

Resep es cendol Bandung, memiliki bahan baku sendiri menggunakan tepung beras dicampur daun pandan. Dipadu daun suji sehingga warnanya lebih bagus dan rasanya lebih enak. Kemudian menggunakan santan segar dan dicampur gula kelapa.

Ada pun untuk harga es cendol durian Fahri, ia menjual satu cup Rp10 ribu, orisinal Rp5000.

Lihat juga...