Gugus Tugas Jelaskan Cara Cegah Penularan Covid-19

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kembali menekankan, bahwa yang paling utama dilakukan dalam mencegah penyebaran adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin dan menghindari menyentuh area wajah. 

Spesialis Paru RS Persahabatan, yang juga sekaligus Jubir RS Persahabatan, DR. dr. Erlina Burhan, M.Sc. SpP(K)., menjelaskan mencuci tangan menjadi kunci utama karena penularan Covid-19 adalah melalui droplet.

“Penularannya bisa langsung dan tidak langsung. Langsung, yaitu melalui droplet yang mampu menular jika kita berada dekat dengan penderita. Sehingga, sangat penting untuk menggunakan masker jika harus berdekatan atau merawat orang yang sakit,” kata Erlina, saat konferensi pers online, Senin (30/3/2020).

Penularan secara tidak langsung, jika droplet mengenai permukaan benda dan orang menyentuh permukaan benda tersebut.

Spesialis Paru RS Persahabatan, yang juga sekaligus Jubir RS Persahabatan, DR. dr. Erlina Burhan, M.Sc. SpP(K), saat konpers online, Senin (30/3/2020). –Foto: Ranny Supusepa

“Di sini pentingnya mencuci tangan sesering mungkin, jangan menyentuh area wajah dan selalu mandi saat setelah beraktivitas di luar rumah. Karena virus ini akan hilang jika terkena sabun,” urainya lebih lanjut.

Hal ini juga ditekankan oleh Ketua Tim Pakar Gugas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmita.

“Kami kembali menekankan, bahwa yang paling utama dalam pencegahan Covid-19 adalah mencuci tangan dan mandi. Hasilnya akan terasa lebih maksimal, jika selalu menghindari area wajah,  yaitu mata, hidung dan mulut,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Wiku juga menyampaikan, bahwa dalam melakukan pembersihan, masyarakat harus memahami penggunaan antiseptik dan disinfektan secara tepat.

“Antiseptik itu digunakan untuk mencuci tangan, membasuh permukaan kulit yang terbuka dan rongga mulut. Bentuknya bisa berupa sabun cair atau batangan yang mengandung antiseptik atau cairan hand sanitizer,” ujarnya lagi.

Tapi jika itu tidak ada, maka menggunakan sabun dan air yang mengalir, dalam artian menerapkan teknik mencuci tangan yang benar, masyarakat juga bisa mencegah berkembangnya Covid-19 ini.

“Disinfektan ini digunakan untuk membersihkan permukaan benda yang berisiko terpapar. Bukan untuk bersentuhan dengan kulit dan tubuh secara langsung. Karena bisa menyebabkan iritasi atau gangguan saluran pernapasan,” pungkasnya.

Lihat juga...