Kafe Damandiri Tamanmartani Libatkan Para Pelaku UKM

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Melalui unit usaha Kafe Damandiri, Koperasi Tamanmartani Sejahtera di desa Tamanmartani, Kalsan, Sleman, terus mengajak sejumlah pelaku UKM untuk ikut serta berdagang di sekitar warung. Tak hanya diberikan tempat berjualan, mereka juga difasilitasi sarana prasarana seperti gerobak secara cuma-cuma. Juga akses pinjaman modal usaha melalui program Modal Kita.

Hingga saat ini, tercatat ada 4 warga pelaku UKM yang bergabung dan bermitra dengan Unit Usaha Warung Kafe Damandiri. Jumlah itu meningkat dari sebelumnya yang hanya 2 UKM saja. Seluruh warga yang terlibat merupakan pelaku UKM yang bergerak di bidang kuliner sesuai jenis usaha Kafe Damandiri.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah mengatakan, penambahan jumlah pelaku usaha di bidang kuliner ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi warga mengembangkan usahanya. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga desa.

“Kerja sama ini juga sekaligus untuk melengkapi jenis kuliner yang ada di Kafe Damandiri. Sehingga jika pengunjung datang ke warung Damandiri ini, mereka bisa memilih menu makanan favorit yang diinginkan. Apalagi di sekitar warung masih ada tempat kosong yang belum dimanfaatkan,” ujarnya, Rabu (25/3/2020).

Dengan penambahan pelaku usaha ini, saat ini terdapat 4 jenis kuliner yang bisa dinikmati pengunjung di Kafe Damandiri Tamanmartani. Yakni, menu olahan Iwak Kali seperti belut, udang hingga wader. Lalu, nasi goreng dan mie Jawa. Serta tambahan menu baru berupa mie ayam, empek-empek serta Seblak.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa Tamanmartani, dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada.

Selain mendirikan homestay dengan merenovasi rumah-rumah warga, yayasan yang didirikan HM Soeharto ini juga mendirikan Kafe Damandiri untuk menggerakkan ekonomi sekitar.

Setelah 3 tahun berjalan, program Desa Cerdas Mandiri Lestari ini terbukti efektif menjadi motor penggerak ekonomi desa. Kawasan di sekitar desa yang dahulu sepi, kini ramai oleh wisatawan yang menginap di homestay-homestay milik warga. Tak hanya itu, kawasan di sekitar Warung Damandiri juga tumbuh pesat. Ditandai dengan banyaknya warga sekitar yang ikut membuka usaha, baik warung kelontong, warung makan, dan sebagaianya.

Lihat juga...