Korem 071/Wijayakusuma Dirikan Ruang Disinfektan

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Untuk memastikan lingkungan Korem 071/Wijayakusuma aman dari COVID-19 dan sebagai antisipasi penyebaran, Korem Wijayakusuma mendirikan ruang disinfektan dan ruang cuci tangan. Semua orang wajib masuk ke dua ruang tersebut sebelum masuk ke wilayah perkantoran Korem.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, mengatakan ruang disinfektan merupakan salah satu upaya untuk melindungi para prajurit dari penyebaran virus Corona. Karena, untuk bisa membantu masyarakat dalam penanggulangan penyebaran virus Corona, prajurit harus sehat.

“Kita juga melaksanakan poin ke-7 dari protap yang dikeluarkan WHO dan pemerintah, yaitu melaksanakan tindakan pencegahan dan pengawasan terhadap infeksi baru. Tujuannya untuk mensterilkan prajurit yang akan masuk ke lingkungan Makorem 071/Wijayakusuma, termasuk para tamu serta anggota keluarga yang akan masuk. Meskipun sebenarnya sudah ada pembatasan untuk keluar masuk Makorem,” jelas Danrem, Selasa (24/3/2020).

Sesuai protap, untuk prajurit atau orang yang mau masuk Makorem terlebih dahulu harus melakukan pengecekan suhu tubuh. Jika ada yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celcius, akan diminta untuk masuk ke ruang observasi. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan jika kondisinya mengkhawatirkan, akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Wijayakusuma.

”Kita juga sediakan ambulans untuk evakuasi ke RS, jika dijumpai ada yang kondisinya mengkhawatirkan,” terangnya.

Selanjutnya, setelah melalui proses pemeriksaan suhu tubuh, harus masuk ke ruang cuci tangan dan dilanjutkan ke ruang disinfektan. Sehingga orang yang masuk ke wilayah perkantoran Korem Wijayakusuma dipastikan dalam kondisi sehat dan steril.

Danrem juga secara berkala membagikan vitamin C kepada para prajurit, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan, seluruh ruangan perkantoran, selain sudah disemprot disinfektan, juga disediakan hand sanitizer di tiap sudut ruangan.

“Kita selalu ingatkan kepada para prajurit untuk cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, dan mengkonsumsi vitamin,” tutur Danrem.

Instruksi serupa juga disampaikan Danrem kepada seluruh satuan jajaran korem 071/Wijayakusuma, mulai dari kodim-kodim hingga Satuan Balak Aju kodam IV/Dip.

Sementara itu, Kapenrem Wijayakusuma, Mayor Inf Hendro Gunawan, mengatakan dengan adanya ruang disinfektan serta pemeriksaan suhu tubuh, membuat para prajurit merasa lebih aman dalam melaksanakan tugas.

“Minimal setiap hari, saat akan masuk kantor, kita sudah tahu kondisi badan kita sehat dan steril, sehingga bisa melaksanakan tugas-tugas dengan lebih nyaman dan tidak was-was. Begitu pula dengan para tamu yang datang ke Korem, juga dipastikan kodisinya sehat atau tidak,” katanya

Selain melakukan pencegahan di internal, Korem Wijayakusuma juga giat melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang upaya pencegahan virus Corona. Mulai dari sosialisasi tentang anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak dengan orang lain dan lain-lain.

“Mari kita bersatu melawan virus Corona, putus penyebarannya dengan cara tetap tinggal di rumah dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” pesan Danrem.

Lihat juga...