Lodeh, Sayur Kaya Gizi yang Dipercaya Dapat Tangkal Marabahaya

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Siapa tak mengenal sayur Lodeh? Masyarakat Jawa khususnya di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pasti sudah sangat familiar dengan sayur gurih nan lezat satu ini.

Salah seorang warga Temon Kulonprogo, Kris yang biasa membuat Sayur Lodeh saat ditemui, Sabtu (21/3/2020). Jatmika H Kusmargana

Masakan tradisional yang dibuat dari berbagai macam bahan sayur-sayuran ini, memang telah lama dikenal masyarakat Yogyakarta, sejak puluhan tahun silam. Selain mudah dibuat, sayur ini juga digemari karena memiliki kandungan gizi dan vitamin yang cukup tinggi.

Tak hanya itu, di kalangan sebaian masyarakat Yogyakarta, sayur Lodeh ternyata juga memiliki posisi atau kedudukan tersendiri. Tak sedikit masyarakat percaya, sayur Lodeh, mampu menangkal ‘Pagebluk’ atau marabahaya. Baik itu bencana alam, wabah penyakit maupun marabahaya lainnya yang dapat mengancam kehidupan masyarakat.

Tak heran, sejak merebaknya pandemi Virus Korona sejak beberapa waktu terakhir, muncul inisiatif sebagai warga Yogyakarta untuk memasak sayur Lodeh. Terlebih setelah dalam beberapa hari terakhir, muncul isu imbauan dari pihak Raja Kraton Yogyakarta bagi masyarakat untuk memasak sayur Lodeh 7 rupa.

Meski tak ada pernyataan resmi dari Sri Sultan Hamengkubuwono X, namun toh nyatanya banyak masyarakat yang menjalankannya. Hal semacam ini juga pernah dilakukan masyarakat saat terjadinya bencana alam seperti saat gempa bumi atau meletusnya gunung Merapi beberapa tahun lalu.

Salah seorang warga Temon Kulonprogo, Kris, menyebut untuk membuat sayur Lodeh sangatlah mudah. Bahan berupa sayur-sayuran untuk membuat sayur ini ada bermacam variasi. Semua tergantung pada selera si pembuatnya. Namun bahan yang selalu dipakai adalah santan.

“Biasanya bahan sayur yang sering dipakai adalah Kluwih/Gori (nangka muda), kacang panjang, terong, kulit melinjo, waluh, daun so (daun melinjo muda) serta tempe. Tapi kadang ada juga yang menambahkan tahu pong, jagung muda atau jantung pisang,” katanya Sabtu (21/03/2020).

Sementara itu bumbu sayur Lodeh terdiri dari cabai merah, ketumbar, bawang putih, bawang merah, garam, gula merah serta santan. Jika perlu tambahkan pula bumbu lain seperti rese (udang kering), lengkuas serta daun salam.

“Memasaknya cukup mudah. Pertama haluskan bumbu lalu tumis hingga harum. Setelah itu tambahkan santan, gula merah, rese lengkuas dan daun salam. Tunggu hingga mendidih. Baru kemudian masukkan sayur-sayuran. Aduk perlahan hingga masak dan sayur Lodeh siap dihidangkan,” pungkasnya.

Lihat juga...