Maret Ini Berkas Dana Desa di Mukomuko Ditarget Semua Masuk

Sejumlah perangkat desa di Mukomuko mengikuti pelatihan Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades) – Foto Ant

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, manargetkan semua desa di daerah tersebut mengajukan berkas persyaratan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap pertama di Maret tahun ini.

Di Mukomuko saat ini tercatat ada 148 desa. “Target kami dalam bulan Maret ini semua desa di daerah ini telah mengajukan penyaluran dana desa, dan alokasi dana desa tahap pertama ke dinas ini,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Wagimin, Senin (23/3/2020).

Target tersebut dipasang, agar pemanfaatan dana desa di awal tahin ini bisa untuk membantu tugas pemerintah melakukan pencegahan penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Untuk memenuhi target tersebut, dinas bekerja sama dengan pendamping dana desa. Pendamping diharapkan bisa mendorong desa, agar segera melengkapi berkas pernyaratan pencairan dana desa dan alokasi dana desa tahap pertama.

Hingga kini, ada sekira 119 desa dari sebanyak 148 desa di daerah yang telah mengajukan penyaluran dana desa tahap pertama. Untuk tahap pertama, dana desa yang disalurkan sebesar 40 persen dan penyaluran alokasi dana desa sebesar 20 persen.

Dari 119 desa yang telah mengajukan berkas persyaratan penyaluran, berkas persyaratan dari 88 desa telah disampaikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD). Masih ada 29 desa yang belum mengajukan berkas persyaratan penyaluran tahap pertama, karena beberapa desa sedang melakukan evaluasi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RABPDes) di kecamatan. Ada juga desa yang masih dalam proses mengambil register kelengkapan APBDes, namun ada juga desa yang belum selesai verifikasi berkas persyaratan.

Dipastikan, dalam beberapa hari ini kedepan ada tambahan desa yang akan mengajukan berkas persyaratan penyaluran, termasuk desa yang belum melakukan register APBDes. Belasan desa yang belum meregister APBDes diklaim, hanya butuh waktu satu hari untuk menyelesaikan register di tingkat desa dan kecamatan. Setelahnya, mereka bisa mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap pertama.

Alokasi dana desa untuk 148 desa di Mukomuko di 2020 ini mencapai sekira Rp74,2 miliar. Meningkat sekira Rp21 miliar dibandingkan alokasi di tahun sebelumnya yang hanya sekira Rp53 miliar. Sedangkan untuk dana desa di Mukomuko, di 2020 ini nilainya sebesar Rp124.475.972.000, atau meningkat sekitar Rp343.400.000 dibandingkan 2019 lalu. (Ant)

Lihat juga...