PAK HARTO: BUNG KARNO TAHU SAYA AKAN MEMBUBARKAN PKI

Pak Harto: Bung Karno Tahu Saya akan Membubarkan PKI

Pembubaran Partai Komunis Indonesia oleh Letjen Soeharto setelah mendapatkan Surat Perintah Sebelas Maret merupakan salah satu tanggung jawab dalam mewujudkan tuntutan rakyat. Sebelum terjadinya G30S/PKI, berbagai golongan, kelompok masyarakat terus menyuarakan agar Presiden Soekarno membubarkan PKI.

Perbedaan pendapat antara Presiden Soekarno dengan Letjen Soeharto siapa yang harus dibubarkan, antara PKI atau KAMI akhirnya terjawab pada tanggal 11 Maret 1996. Surat Perintah Sebelas Maret menjadi dasar bagi Pak Harto untuk membubarkan PKI sebagai perpanjangan tangan Presiden.

“Bung Karno tahu saya akan membubarkan PKI,” sebut Presiden Soeharto dalam video Penerimaan Para Pejabat Teras Kepolisian RI di Tapos 6 Februari 1994.

Keputusan untuk membubarkan PKI tersebut mendapatkan banyak tanggapan positif dari berbagai kalangan, salah satunya seperti termuat dalam Jejak Langkah Pak Harto 01 Oktober 1965 – 27 Maret 1968”, hal 59.

Pada Sabtu, 19 Maret 1966, puluhan ribu rakyat kota Padang dan sekitarnya bersama ABRI, sukarelawan/wati, veteran, mahasiswa, pelajar, buruh dan wanita membanjiri lapangan Imam Bonjol untuk ikut dalam apel besar sukarelawan dan rapat raksasa Keselamatan Revolusi. Rapat raksasa tersebut mengeluarkan pernyataan :

“Bahwa rakyat Sumatera Barat memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menpangad Letjen. Soeharto dengan telah dibubarkannya PKI.”

Lihat juga...