Palapa Ring Timur di Jayawijaya Tinggal Tunggu ‘Provider’

Salah satu BTS Palapa Ring yang dibangun di hutan belantara Papua untuk menghubungkan koneksi jaringan internet antarkabupaten di wilayah pegunungan Papua. -Ant

WAMENA – Pemerintah bersama pihak terkait yang menangani proyek Palapa Ring Timur, melakukan uji coba layanan internet itu pada satu base transceriver station (BTS) yang ada di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Jumat (6/3/2020).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya, Isak Sawak, mengatakan layanan internet Palapa Ring sudah aktif setelah dilakukan uji coba.

Tetapi, pemerintah dan masyarakat Jayawijaya masih harus menunggu provider yang telah ditunjuk untuk mengkoneksikan peralatan mereka, agar membagi layanan Palapa Ring itu kepada masyarakat luas.

“Pemda sudah menyurat ke Kementerian Kominfo dan tembusan ke Telkomsel, untuk menyediakan layanan internet 3 Mb untuk Jayawijaya, karena pertimbangannya kota Wamena merupakan kota transit sehingga masyarakat dari kabupaten lain juga menggunakan fasilitas yang ada di Wamena,” katanya, Jumat (6/3/2020).

Pemerintah Jayawijaya telah mengusulkan kepada pelaksana Palapa Ring, agar penyediaan jaringan internet yang layak di Jayawijaya bisa dipercepat.

Kesulitan akses internet di Jayawijaya bukan saja dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga pemerintah. Sebab, dalam pelayanan pemerintahan saat ini mereka diharuskan menyampaikan laporan secara daring.

“Itu menjadi kebutuhan mendesak. Contoh ada desakan dari KPK kepada pemkab untuk melaporkan LHKPN secara daring dan ada batas waktu,” katanya.

Projek Koordinator Palapa Ring Timur, Novri, mengatakan dengan uji coba itu maka jaringan Palapa Ring sudah tersambung dan tinggal menunggu provider yang mendistribusikan layanan internet itu kepada masyarakat.

“Kita sudah menyelesaikan semua pekerjaan Palapa Ring, baik di dalam Kabupaten Jayawijaya dan antarkabupaten, termasuk infrastrukturnya, jadi tinggal menunggu provider untuk masuk saja,” katanya.

Khusus di wilayah pegunungan tengah Papua, telah terbangun 27 BTS Palapa Ring yang sudah dilengkapi dengan repiternya. (Ant)

Lihat juga...