Pedagang di Cileungsi Mulai Keluhkan Sulitnya Pasokan

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Berkurangnya suplai kebutuhan rumah tangga mulai disampaikan oleh para pedagang toko kelontong di Kecamatan Mampir, Cileungsi, Jawa Barat. 

Elin, pemilik salah satu toko kelontong, menyatakan sudah tiga hari ini dirinya harus mencari sendiri stok untuk tokonya.

“Agen yang biasa MENjadi langganan kita sudah pada tutup. Jadi kita harus cari sendiri, bahan untuk warung,” katanya, saat ditemui di warung miliknya, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, sales produk yang biasanya mengantarkan barang pun sudah satu minggu ini tidak lagi datang.

“Mungkin karena mereka juga terkena peraturan Work From Home itu, jadi pada gak ada yang datang ke sini,” ujarnya.

Salah seorang pembeli, Vito, yang berbelanja kebutuhan rumah di Warung Elin di Kecamatan Mampir, Cileungsi, Jawa Barat, Minggu (23/2020). –Foto: Ranny Supusepa

Kesulitan terutama dirasakan pada produk pembersih, beras, telur dan rokok.

“Kalau pun ada, harganya lebih tinggi dari yang biasa kita ambil. Bisa saja kita ikutan tutup, cuma kasihan juga sama orang-orang yang biasa belanja sehari-hari di sini,” ungkapnya.

Saat ini, menurut Elin, mereka harus membeli kebutuhan warung hingga ke daerah perbatasan Bekasi atau ke Cibubur.

“Kebanyakan pembeli sekarang mulai membeli dalam jumlah banyak. Sehingga mereka tidak perlu sering-sering keluar rumah. Biasanya beli 3 atau 4 sachet kopi, sekarang ada yang beli serenteng. Telur juga begitu, belinya di atas 2 kg rata-rata,” urainya.

Salah seorang pembeli, Vito, menyatakan saat ini memang agak susah untuk mencari beberapa bahan keperluan rumah tangga.

“Terutama pembersih. Ini sudah toko ke berapa yang saya datangi, tapi tetap kosong juga stoknya. Padahal, biasanyamulai botol dan sachet, selalu banyak di mana-mana,” ujarnya.

Ia mengakui, sebelum masa Covid 19 ini, sudah secara rutin menggunakan pembersih atau bahan pemutih lainnya untuk mengepel rumah.

“Saya punya kucing banyak, sehingga perlu untuk mengepel dan membersihkan peralatan mereka. Kalau begini, saya jadi bingung nyari ke mana,” ucapnya.

Lihat juga...