Pembatalan Tiket KA Dampak Covid-19 Bisa ‘Online’

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Sejak Senin (23/3/2020), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengatakan terdapat 19 keberangkatan Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret – 1 April 2020, dan KA yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan KA-KA yang memiliki jarak berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan KA lain, jika memang harus tetap melakukan perjalanan.

“Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen,” katanya, dalam laman Whatsapp, Rabu (25/3/2020).

Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret – 29 Mei 2020.

Secara total, terhitung sejak 1 Maret 2020 hingga kini, sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan, baik melalui loket stasiun dan jalur online.

Dikatakan Eva, guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, Stasiun Gambir dan Pasar Senen, PT KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan, bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

Eva menjelaskan, meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access, terpenting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai nomor identitas pemesan tiket. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.

“Yang perlu dipastikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100 persen. Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access, dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut,” ujarnya.

Eva juga mengatakan, jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh.

Masing-masing stasiun memiliki 3 loket untuk melayani pembatalan tiket. Guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi 5 loket layanan pembatalan tiket.

Disebutkan Eva,  jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu) di antaranya, Stasiun Gambir: Pukul 07.00 – 22.00 WIB, Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 – 22.00 WIB, Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 – 19.00 WIB, Stasiun Bogor: Pukul 09.00 – 16.00 WIB, Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 – 22.00, Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 – 16.00 WIB, Stasiun Serang: Pukul 09.00 – 19.00 WIB, Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 – 22.00 WIB.

“Para pemilik tiket  KA dapat mengetahui informasi seputar KA melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero), di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@ka.id dan sosial media @keretaapikita,” pungkasnya.

Lihat juga...