Pemerintah dan Muhammadiyah Siapkan RS Tangani Corona

Editor: Makmun Hidayat

MALANG — Sebanyak 132 rumah sakit telah disiapkan pemerintah untuk dijadikan sebagai rumah sakit rujukan guna menangani penyebaran virus corona. Termasuk menyiapkan rumah sakit di tiga pulau yakni di Pulau Natuna, Sebaru dan di Pulau Galang.

“Semula hanya 100 rumah sakit, tapi sekarang berkembang menjadi 132 rumah sakit yang siap menjadi rujukan menangani virus corona,” sebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) , Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP usai menghadiri Kolokium Nasional Interdisipliner Cendekiawan muda Muhammadiyah di Convention Hall Sengkaling, Jumat (6/3/2020).

Kemudian rumah sakit swasta yang memenuhi syarat dan fasilitasnya lengkap juga didorong menjadi rumah sakit rujukan. Dengan semakin banyaknya rumah sakit rujukan yang bisa menangani corona hal tersebut akan menjadi lebih baik.

“Bagi rumah sakit yang belum siap menjadi rumah sakit rujukan, kita dorong supaya menjadi rumah sakit untuk pertolongan pertama dan stabilisasi sebelum dikirim ke rumah sakit rujukan,” imbuhnya.

Sementara rumah sakit yang rencananya akan dibangun di Pulau Galang digunakan sebagai persiapan, evakuasi, observasi dan karantina untuk antisipasi kalau memang terjadi suasana yang sangat tidak inginkan terkait penyebaran virus corona.

Menurutnya, disiapkannya rumah sakit di Pulau Sebaru, Natuna, dan Pulau Galang  menunjukkan kesungguhan pemerintah bahwa mereka tidak main-main dalam mengantisipasi kejadian wabah virus corona. Apalagi tidak ada yang tahu sampai seberapa jauh tingkat eskalasi wabah ini ke depan.

“Untuk rumah sakit yang di Pulau Galang itu sebenarnya bukan kita bangun dari awal, tapi tinggal direhab saja karena sebelumnya di sana digunakan untuk tempat pengungsian dari warga Vietnam, sehingga sekarang kita benahi,” terangnya seraya mengatakan Presiden juga  sudah menginstruksikan Panglima TNI, paling lambat dalam waktu 2 minggu, rumah sakit tersebut harus sudah siap untuk digunakan.

Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si mengaku telah melakukan konsolidasi untuk memyiapkan 20 rumah sakit terkait antisipasi virus corona.

“Seperti yang saya sampaikan semalam, kita sudah melakukan konsolidasi dan sudah menyiapkan 20 rumah sakit untuk bekerja sama dengan rumah sakit pemerintah, bagaimana agar bisa menjadi rumah sakit yang bisa menjadi partner untuk pemerintah dalam menangani virus corona. Insyaallah kita siap untuk itu,” akunya.

Menurut Haedar, sebenarnya ada dua imbaun penting dari Muhammadiyah kepada masyarakat dalam menghadapai terkait masalah virus corona.

“Pertama, masyarakat boleh saja waspada, tapi jangan sampai ada kepanikan sosial. Karena kalau panik  berlebihan nanti kita tidak bisa lagi menyelesaikan persoalan ini secara jernih. Kemudian yang kedua adalah menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga imun atau daya tahan tubuh, ” pungkasnya.

Lihat juga...